PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 6 BANDAR LAMPUNG

GUSTI AYU PUTU ROMIASIH, 2023013004 (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL PEMBELAJARAN GEOGRAFI UNTUK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 6 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis; (1) potensi dan kondisi dikembangkannya modul pembelajaran, (2) proses pengembangan, (3) karakteristik modul, (4) efektifitas modul, dan (5) efesiensi modul berbasis Higher Order Thingking Skill. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas X IPS 1 SMA N 6 Bandar Lampung. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, kuesioner, angket, instrumen non tes dan tes. Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa : (1) Potensi peserta didik dapat mengunakan modul dan kondisi sarana prasarana sangat memadai di SMA Negeri 6 Bandar Lampung sangat mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan modul pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill, (2) Produk divalidasi oleh tim ahli materi nilai 82,2, ahli media nilai 90,17, ahli desain nilai 89,33 menyatakan bahwa produk sangat baik digunakan. (3) Karakteristik modul yang dikembangkan: berbasis Higher Order Thinking Skill, didalam terdapat QR Code. Berdiri sendiri, bersifat mandiri, adaptip dan akrab dengan pemakainya. (4) Modul efektif untuk peningkatkan hasil belajar geografi siswa dengan nilai gain ternormalisasi 0,7183 dengan kriteria tinggi. (5) Pengunaan modul efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan rata-rata nilai efisiensi 1,11 dan efisiensi belajar peserta didik menggunakan modul berbasis Higher Order Thinking Skill disukai peserta didik sebesar 87,34%. Kata kunci: Modul Geografi, Higher Order Thinking Skill, Hasil Belajar This research is a development study that aims to analyze; (1) the potential and conditions of developing learning modules, (2) the development process, (3) module characteristics, (4) the effectiveness of the modules, and (5) the efficiency of modules based on Higher Order Thingking Skills. This research is a development study using addie design. The subjects in this study were 32 students of class X IPS 1 SMA N 6 Bandar Lampung. Data collection methods use documentation, questionnaires, questionnaires, non-test instruments and tests. The results of this research and development show that: (1) The potential of learners to use modules and infrastructure conditions are very adequate at SMA Negeri 6 Bandar Lampung is very supportive and allows for the development of learning modules based on Higher Order Thinking Skills, (2) Products are validated by a team of material experts value 82.2, media experts score 90.17, design experts value 89.33 states that the product is very feasible to use. (3) The characteristics of the developed module: based on Higher Order Thinking Skills, there is a QR Code. Stand alone, independent, adaptip and familiar with the wearer. (4) Effective modules for improving student geography learning outcomes with a normalized gain value of 0.7183 with high criteria. (5) The use of efficient modules is used in learning, with an average efficiency score of 1.11 and the learning efficiency of learners using higher order thinking skill-based modules favored by learners by 87.34%. Keywords: Geography Module, Higher Order Thinking Skill, Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203467634 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:20
Terakhir diubah: 10 Jun 2022 04:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62855

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir