INOVASI PELAYANAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI LAMPUNG (STUDI PADA ATRIBUT INOVASI PELAYANAN KEAGAMAAN ONLINE)

YUNIA MERTISANFARA, 1826061022 (2022) INOVASI PELAYANAN DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN AGAMA PROVINSI LAMPUNG (STUDI PADA ATRIBUT INOVASI PELAYANAN KEAGAMAAN ONLINE). Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF (Tesis Full)
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2865Kb)
[img]
Preview
File PDF (Tesis Tanpa Bab Pembahasan)
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1809Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Inovasi pelayanan pada saat ini dianggap sebagai suatu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik agar dapat memenuhi kebutuhan dan hak masyarakat akan pelayanan yang efektif dan praktis. Layanan Keagamaan Online merupakan inovasi pelayanan publik yang sangat menarik dan dibutuhkan masyarakat, dalam rangka memberikan pelayanan yang cepat dan efisien serta dapat menghapus money oriented. Sehingga masyarakat dapat dengan mudah menyelesaikan permasalahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan inovasi pelayanan keagamaan online di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Fokus penelitian dalam penelitian ini berdasarkan teori atribut inovasi menurut Rogers dalam (Suwarno, 2008) yang terdiri dari Relative Advantage, compatibility, complexibility, triability, dan observability. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan dan pelaksanaan inovasi pelayanan keagamaan online di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung sudah dilakukan dengan baik. Hal ini terlihat dari kelima indikator pada teori atribut inovasi, hanya pada indikator complexity yang mendapat nilai negative, karena masih adanya kendala, yaitu masalah teknis dan kendala utama adalah belum adanya domain/server tersendiri yang mana sampai saat ini masih sewa, kurangnya SDM yang khusus mengelola aplikasi ini, serta adanya kerumitan dapat dilihat dari pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam mengakses layanan secara online yang tidak bisa disamaratakan. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan, Atribut Inovasi, Layanan Keagamaan.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan) > 321 Sistem pemerintahan dan sistem negara
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 351 Administrasi publik
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Administrasi
Pengguna Deposit: 2203427498 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2022 07:35
Terakhir diubah: 10 Jun 2022 07:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir