PENGARUH BEDA WAKTU TANAM TUMPANGSARI SINGKONG- SORGUM PADA PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH PASCASIMPAN DELAPAN BULAN EMPAT GENOTIPE SORGUM (Sorghum bicolor [L.] Moench).

Lutfiatul Maula, 1614121076 (2022) PENGARUH BEDA WAKTU TANAM TUMPANGSARI SINGKONG- SORGUM PADA PERTUMBUHAN, PRODUKSI DAN VIABILITAS BENIH PASCASIMPAN DELAPAN BULAN EMPAT GENOTIPE SORGUM (Sorghum bicolor [L.] Moench). FAKULTAS PERTANIAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3622Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3605Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Salah satu faktor yang berpengaruh pada pertumbuhan dan produksi pada pertanaman sistem tumpangsari adalah beda waktu tanam antara dua jenis tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beda waktu tanam dari tumpangsari sorgum-singkong pada pertumbuhan, produksi dan viabilitas benih pascasimpan dari empat genotipe sorgum. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Karang Endah, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan (5,28°LS 105,27°BT) dengan ketinggian 82,3 mdpl dan di Laboratorium Benih dan Pemuliaan Tanaman Fakultas Pertanian, Universitas Lampung pada Januari 2019 sampai Juni 2020. Percobaan menggunakan rancangan perlakuan faktorial 2x4 yang diacak secara lengkap dalam petak berjalur (strip plot) dengan tiga ulangan dalam tiga blok. Petak utama yaitu beda waktu tanam yang terdiri dari nol minggu dan dua minggu. Anak petak yaitu empat genotipe sorgum yang terdiri dari Super-1, GH-6, Suri, dan GH-12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beda waktu tanam berpengaruh nyata pada pertumbuhan, produksi dan viabilitas pascasimpan pada variabel bobot kering brangkasan atas, bobot benih permalai, jumlah benih permalai dan kecambah normal kuat. Genotipe berpengaruh nyata pada viabilitas benih pascasimpan kecambah normal total dan kecambah normal kuat. Pengaruh interaksi beda waktu tanam dengan genotipe nyata pada produksi yaitu variabel bobot benih permalai.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 2203761689 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:22
Terakhir diubah: 10 Jun 2022 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62863

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir