EFEKTIVITAS DAN KELAYAKAN DESENTRALISASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN MESUJI

TIYAS APRIZA , 1926021011 (2022) EFEKTIVITAS DAN KELAYAKAN DESENTRALISASI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN MESUJI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2580Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2404Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kabupaten Mesuji berada dalam kondisi terendah terkait partisipasi pendidikan dasar melalui angka partisipasi sekolah (APS) Tahun 2020 sekolah dasar (SD) 99,26% sekolah menengah pertama (SMP) 89,36%. Pada konsep desentralisasi pendidikan di uraikan menjadi dua jenis desentralisasi kewenangan dalam hal kebijakan dan pendanaan serta desentralisasi pendidikan memberikan kewenangan yang lebih besar pada sekolah. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis efektivitas desentralisasi pendidikan dalam meningkatkan pendidikan dasar di Kabupaten Mesuji. dengan menggunakan teori efektivitas menurut Muasaroh (2010:13) yaitu (1) aspek tugas dan fungsi (2) aspek rencana dan program (3) aspek ketentuan dan program (4) aspek tujuan dan kondisi ideal serta tipologi kewenangan pendidikan yang dapat di desentralisasikan (1) organisasi dan proses belajar mengajar (2) manajemen guru (3) sturktur dan perencanaan (4) sumber daya. metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bermaksud untuk menganalisis, menemukan, memahami dan menjelaskan tentang desentralisasi pendidikan pada partisipasi pendidikan dasar di Kabupaten Mesuji. Hasil penelitian ini menjelaskan aspek efektivitas cenderung lemah pada aspek rencana dan program karena bannyak program yang tidak di realisasikan dan aspek tujuan dan kondisi ideal kualifikasi tenaga pendidikan berlatar belakang lulusan SMA dan masyarakat yang tidak memiliki ijazah 21,10%. Pada aspek tipologi kewenangan yang di desentralisasikan komponen manajemen guru masih minim kegiatan peningkatan kapasitas, struktur dan perencanaan tidak memiliki program secara rutin. Pada unit sekolah terkait pendidikan serta sumber daya pemanfaatan bantuan operasional ternyata tidak meningkatkan minat masyarakat. Sehingga penerapan desentralisasi pendidikan di kabupaten mesuji belum layak untuk di terapkan. Kata Kunci: Efektivitas Kelayakan, Desentralisasi Pendidikan, Pendidikan Dasar Mesuji Regency is in the lowest condition related to basic education participation through the school enrollment rate (APS) In 2020 elementary school (ES) 99.26% junior high school (JHC) 89.36%. In the concept of decentralization of education, it is described into two types of decentralization of authority in terms of policy and funding and decentralization of education gives greater authority to schools. This study aims to determine and analyze the effectiveness of education decentralization in improving basic education in Mesuji Regency. by using the theory of effectiveness according to Muasaroh (2010:13), namely (1) aspects of tasks and functions (2) aspects of plans and programs (3) aspects of provisions and programs (4) aspects of goals and ideal conditions and typology of decentralized educational authority ( 1) organization and teaching and learning process (2) teacher management (3) structure and planning (4) resources. This research method is descriptive research with a qualitative approach. The researcher intends to analyze, find, understand and explain about the decentralization of education in basic education participation in Mesuji Regency. The results of this study explain that the effectiveness aspect tends to be weak in terms of provisions and regulations through the analysis of the absence of regulations related to the implementation of education in Mesuji Regency and aspects of the objectives and ideal conditions of qualification for education personnel with high school graduates and people who do not have a diploma 21.10%. In the aspect of the typology of authority, which is decentralized, the teacher management component still lacks capacity building, structure and planning activities and does not have a program on a regular basis. In school units related to education and the use of operational assistance resources did not increase public interest. So that the implementation of education decentralization in Mesuji Regency is not yet feasible to be implemented. Keywords: Feasibility Effectiveness, Education Decentralization, Basic Education

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2203915378 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:35
Terakhir diubah: 13 Jun 2022 02:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62882

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir