NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

PUTU DEBBY YOLANDA, 1813041001 (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL SI ANAK KUAT KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3260Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3049Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Si Anak Kuat karya Tere Liye dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA kelas XII. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter novel Si Anak Kuat karya Tere Liye dan implikasinya terhadap pembelajaran sastra di SMA kelas XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini ialah novel Si Anak Kuat karya Tere Liye. Data dalam penelitian ini ialah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel tersebut. Teknik analisis data yang dilakukan ialah menggunakan teknik analisis isi teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa novel Si Anak Kuat karya Tere Liye ini mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dianalisis berdasarkan ketetapan Kemendikbud terkait nilai pendidikan dan teori kepribadian Sigmund Freud. Nilai pendidikan karakter tersebut meliputi lima nilai di antaranya nilai religius, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Nilai religius terdiri atas disiplin ibadah, toleransi, dan persahabatan. Nasionalisme terdiri atas semangat kebangsaan dan cinta tanah air. Kemandirian terdiri atas disiplin, kerja keras dan kreatif. Gotong royong meliputi menghargai kerja sama dan tolong menolong. Nilai integritas meliputi kejujuran dan tanggung jawab. Selain itu, peneliti juga menggunakan teori Sigmund Freud, yakni id, ego, dan super ego sebagai pisau bedah kedua. Hasil penelitian ini diimplikasikan ke dalam alternatif bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran tidak langsung. Tujuan dari penguatan pendidikan karakter (PPK) ini adalah mengembangkan karakter peserta didik dengan mempraktikkan dan mengajarkan nilai-nilai pendidikan karakter di kehidupan sehari-hari peserta didik. Kata kunci: Nilai pendidikan karakter, novel Si Anak Kuat, implikasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203752533 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:41
Terakhir diubah: 13 Jun 2022 02:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62883

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir