MODEL VIRTUAL REALITY TOUR UNTUK EKOWISATA (STUDI KASUS: VIRTUAL REALITY WARISAN SEJARAH LAMPUNG)

Sony Ferbangkara, 1725031014 (2022) MODEL VIRTUAL REALITY TOUR UNTUK EKOWISATA (STUDI KASUS: VIRTUAL REALITY WARISAN SEJARAH LAMPUNG). Other thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (294Kb) | Preview
[img] File PDF
THESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img] File PDF
THESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2863Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Ekowisata adalah kegiatan wisata yang mengutamakan aspek pelestarian alam, pemberdayaan sosial budaya-ekonomi masyarakat setempat serta pembelajaran dan pendidikan. Salah satu teknologi yang dapat mendukung ekowisata adalah virtual reality. Perlu dikembangkan model virtual reality tour dengan usability yang baik untuk ekowisata. Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung dapat digunakan sebagai model implementasi untuk menentukan tingkat usability model wisata virtual reality untuk ekowisata. Metode pengembangan Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung berdasarkan Design Science Research Methodology for Information Systems Research yang diintegrasikan dengan UX Framework untuk Virtual Reality terdiri dari tujuh tahap yaitu Perumusan Masalah, Penentuan Motivasi, Pengembangan Ide, Perancangan, Pembuatan Prototipe, Pengujian, Pengembangan Lanjutan, dan Implementasi/Rilis. UX Framework untuk Virtual Reality terdiri dari empat kategori utama, yaitu Users, Devices, User Activity, serta Evaluation dan dijadikan dasar model. Hasilnya adalah prototipe Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung. Usability yang diukur pada prototipe membuktikan model virtual reality tour untuk ekowisata dapat digunakan. Taksonomi model virtual reality tour untuk ekowisata adalah sebagai berikut: taksonomi pengguna melalui penggunaan HMD; taksonomi perangkat dengan teknologi pelacakan kepala (pemicu berbasis tatapan); taksonomi modalitas umpan balik dengan visual dan auditori; taksonomi aktivitas pengguna yang berfokus pada pengguna tunggal dan postur duduk atau berdiri; dan taksonomi lingkungan dengan penggunaan lingkungan platform yang tidak dapat dipindahkan. Tingkat kegunaan implementasi model virtual reality tour untuk ekowisata di Virtual Reality Warisan Sejarah Lampung adalah 95,75% berdasarkan efektivitas (affordance) adalah 95%, efisiensi (signifier) adalah 94,79%, dan kepuasan (satisfaction) adalah 97,45% yang juga didukung oleh nilai SUS yang baik (good) sebesar 83,39.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Other)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2203333902 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2022 06:59
Terakhir diubah: 13 Jun 2022 06:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62901

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir