PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK METANOL DAN N-HEKSANA LADA HITAM (Piper nigrum L) DIKOMBINASIKAN DENGAN ZINK (Zn) TERHADAP VIABILITAS DAN MORFOLOGI SPERMATOZOA TIKUS PUTIH JANTAN(Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI GENTAMISIN

Hasri Aghnia Salsabila, 1818011088 (2022) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK METANOL DAN N-HEKSANA LADA HITAM (Piper nigrum L) DIKOMBINASIKAN DENGAN ZINK (Zn) TERHADAP VIABILITAS DAN MORFOLOGI SPERMATOZOA TIKUS PUTIH JANTAN(Rattus norvegicus) YANG DIINDUKSI GENTAMISIN. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK Hasri.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI HASRI TANPA LAMPIRAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1276Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI HASRI TANPA Pembahasan_fix.pdf

Download (967Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang : Menurut WHO, sekitar 50-80 juta pasangan mengalami infertilitas di dunia. Di Indonesia, dari sekitar 67 juta pasangan usia subur, 10-15% mengalami infertilitas. Menurut Riskesdas tahun 2013 tingkat prevalensi infertilitas adalah 15-25% dari semua pasangan. Salah satu penyebab infertilitas adalah konsumsi obat-obatan yang mempunyai efek toksik terhadap testis. Antibiotik gentamisin diduga memiliki efek toksik terhadap testis dengan menginduksi oxidative stress. Lada hitam memiliki kandungan piperin yang berfungsi sebagai antioksidan. Zink merupakan elemen yang berfungsi dalam menyeimbangkan proses spermatogenesis. Pemberian ekstrak lada hitam dan zink diduga dapat bermanfaat dalam pencegahan infertilitas yang disebabkan oleh gentamisin. Metode : Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Post Test Only Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan dengan menggunakan rumus Frederer didapatkan sampel penelitian sebanyak 28. Subjek penelitian adalah tikus putih jantan (Rattus norvegicus) galur Sprague Dawley, berusia 2,5-3 bulan dengan berat ± 200 gram. Variabel bebas penelitian ini adalah pemberian ekstrak metanol dan n-heksana lada hitam, pemberian zink, dan induksi gentamisin. Variabel terikat pada penelitian ini adalah viabilitas spermatozoa dan morfologi spermatozoa. Hasil : Penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian ekstrak metanol lada hitam dan zink terhadap kenaikan persentase viabilitas spermatozoa (62,91%) tikus putih jantan yang diinduksi gentamisin dengan nilai p 0,000 (<0,05). Pada pemberian ekstrak metanol lada hitam dan zink juga berpengaruh terhadap kenaikan persentase morfologi spermatozoa normal (68,5%) tikus putih jantan yang diinduksi gentamisin dengan nilai p 0,000 (<0,05). Pemberian ekstrak n-heksana lada hitam dan zink berpengaruh terhadap kenaikan persentase viabilitas spermatozoa (62,91%) tikus putih jantan yang diinduksi gentamisin dengan nilai p 0,000 (<0,05). Pada pemberian ekstrak n-heksana lada hitam dan zink juga berpengaruh terhadap kenaikan persentase morfologi spermatozoa normal (68,25%) tikus putih jantan yang diinduksi gentamisin dengan nilai p 0,000 (<0,05). Kesimpulan : Ada pengaruh pemberian campuran ekstrak metanol dan n-heksana lada hitam dan zink pada kelompok tikus yang diinduksi gentamisin. Hal ini terlihat dari kenaikan rerata persentase viabilitas spermatozoa dan persentase morfologi spermatozoa normal. Kata Kunci : Infertilitas, Lada Hitam, Zink, Gentamisin, Viabilitas Spermatozoa, Morfologi Spermatozoa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan)
600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203927830 . Digilib
Date Deposited: 13 Jun 2022 07:39
Terakhir diubah: 13 Jun 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62916

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir