PENINGKATAN RESPON IMUN NONSPESIFIK UDANG VANAME Litopenaeus vannamei (Boone, 1931) DENGAN SUPLEMENTASI PAKAN NATRIUM ALGINAT Sargassum sp. DARI PANTAI BIHA PESISIR BARAT LAMPUNG

RIANA, 1514101121 (2020) PENINGKATAN RESPON IMUN NONSPESIFIK UDANG VANAME Litopenaeus vannamei (Boone, 1931) DENGAN SUPLEMENTASI PAKAN NATRIUM ALGINAT Sargassum sp. DARI PANTAI BIHA PESISIR BARAT LAMPUNG. FAKULTAS PRTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1838Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1840Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemberian natrium alginat Sargassum sp. secara oral dari Pantai Biha, Pesisir Barat, Lampung untuk meningkatkan respon imun non-spesifik udang putih pasifik (Litopenaeus vannamei). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan, yaitu pemberian pakan tanpa suplementasi alginat (A) atau kontrol, suplementasi pakan Na alginat Sargassum dengan dosis 2,0 g / kg pakan (B), dan 4,0 g / kg pakan (C), masing-masing dengan empat ulangan, selama 14 hari. Sodium alginat diekstraksi dari Sargassum sp. dan meluncur dalam pakan komersial dengan pengikat (Progol). Total 120 udang (± 18g) dengan kepadatan 10 udang / kontainer digunakan dalam penelitian ini. Pengambilan sampel hemolimf dilakukan pada hari ke 0, 7 dan 14 untuk mengamati beberapa parameter hematologi udang meliputi total haemocyte count (THC), aktivitas fagositosis (AF), indeks fagositosis (IF), dan total plasma protein (TPP). Profil histologi hepatopankreas dan kualitas air diamati pada akhir pemeliharaan. Data dianalisis dengan Anova pada selang kepercayaan 95% dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil menunjukkan bahwa suplementasi Na alginat dari Sargassum sp. secara signifikan meningkatkan beberapa respon imun udang yaitu THC, AF, dan TPP. Sedangkan histologi hepatopankreas perlakuan dan kontrol udang tidak berpengaruh nyata terhadap kerusakan jaringan. Kualitas air masih dalam kondisi normal selama perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi suplementasi Sargassum alginat dengan dosis 2gr / kg pakan merupakan perlakuan terbaik untuk meningkatkan respon imun udang vaname. Kata kunci: Litopenaeus vanname, Natrium alginat, Respon imun nonspesifik, Sargassum sp., Suplementasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Budidaya Perairan
Pengguna Deposit: 2203806959 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:12
Terakhir diubah: 14 Jun 2022 06:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62949

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir