EFEKTIVITAS PROGRAM ASIMILASI NARAPIDANA DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Kota Agung kelas II B)

SEPTRI ANDIKA, 1646041026 (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM ASIMILASI NARAPIDANA DI TENGAH MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Kota Agung kelas II B). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3542Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3135Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Fenomena virus COVID-19 sebagai bencana global yang menimbulkan dampak yang begitu luar biasa di bumi. Dengan munculnya virus COVID-19 menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan pada seluruh aktivitas yang tidak berjalan semestinya, dengan menyebarnya virus ini membuat dunia resah termasuk di Indonesia. Sehingga dikeluarkannya kebijakan terkait pembebasan asimilasi kepada Narapidana .Hal tersebut didasari atas kekhawatiran pemerintah akan penyebaran virus corona di dalam lapas menurut Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995, pada hakikatnya narapidana memiliki beberapa hak, dan 2 (dua) diantaranya merupakan hak untuk memperoleh asimilasi dan integrasi yang diatur lebih lanjut dalam Permenkumham No. M.HH-02.PK.05.06 Tahun 2010 tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan program asimilasi di Lapas Kota Agung telah berjalan efektif dilihat dari indikator pengukuran efektivitas yaitu keberhasilan program, keberhasilan sasaran, kepuasan terhadap program, tujuan menyeluruh, pelaksanaan asimilasi yang dilaksanakan untuk pengurangan penyebaran COVID-19 sudah sesuai dengan peraturan yang ada, dan juga menjalan prosedur pelaksanaan yang telah ditetapkan. Sedangkan pada indikator tingkat input dan output dapat dikatakan belum efektif karena pada pelaksanaanya masih kurangnya pengawasan dari Bapas sehingga masih ada narapidana yang menyalahgunakan program asimilasi dan mengulangi kejahataan yang mereka lakukan. Kata kunci : Efektifitas ,Program Asimilasi,Lembaga pemasyarakatan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer > 353 Bidang khusus administrasi publik
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2203313867 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:16
Terakhir diubah: 14 Jun 2022 06:16
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62959

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir