PERILAKU NELAYAN PRA SEJAHTERA TERHADAP BANTUAN MODAL PERAHU WAKAF AKSI CEPAT TANGGAP DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi pada Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan dan Desa Panjang Selatan Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung)

DWI APRILIANI, 1816011010 (2022) PERILAKU NELAYAN PRA SEJAHTERA TERHADAP BANTUAN MODAL PERAHU WAKAF AKSI CEPAT TANGGAP DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA (Studi pada Desa Way Muli Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan dan Desa Panjang Selatan Kecamatan Panjang Kota Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1416Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1049Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku nelayan terhadap bantuan modal perahu wakaf Aksi Cepat Tanggap dalam meningkatkan pendapatan keluarga. Perilaku tersebut mencakup 3 indikator, yakni pemanfaatan perahu, perawatan perahu, dan dampak bantuan perahu terhadap pendapatan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perahu yang dilakukan oleh nelayan adalah dengan menggunakan perahu tersebut untuk melaut lebih jauh dan jam kerja yang lebih lama dari sebelumnya. Tanggung jawab nelayan terhadap bantuan modal perahu yang diberikan adalah dengan merawat perahu dan juga tidak menjual atau menyewakan perahu untuk kepentingan komersil lain. Adapun pendapatan keluarga nelayan penerima manfaat bantuan perahu wakaf diketahui belum begitu signifikan. Peningkatan pendapatan itu kurang lebih hanya setengah dari pendapatan sebelumnya. Peningkatan pendapatan nelayan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti cuaca yang tidak pasti, keterbutuhan alat pancing yang baik belum terpenuhi, dan harga penjualan hasil tangkapan yang tidak sebanding dengan pengeluaran. Kata kunci: perilaku nelayan, bantuan modal perahu wakaf ACT, pendapatan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203691662 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2022 06:19
Terakhir diubah: 14 Jun 2022 06:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir