Produksi Gula Aren(Gula Cetak) pada Industri Gula Milik Anngota Kelompok Tani Hutan Harapan Baru I di Kelurahan Batu Putuk

Yossy Putri, Pascalina (2022) Produksi Gula Aren(Gula Cetak) pada Industri Gula Milik Anngota Kelompok Tani Hutan Harapan Baru I di Kelurahan Batu Putuk. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3493Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3495Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Aren menjadi salah satu tanaman kehutanan dengan komoditas terpenting yang dapat digunakan sebagai sumber pendapatan masyarakat sekitar hutan. Niranya dapat digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan gula aren cetak yang diperoleh dengan cara penyadapan pada tangkai bunganya. Ketersediannya sangat menentukan produksi gula aren. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui produksi gula aren, volume nira aren, serta strategi untuk pengembangan produksi gula aren pada industri gula milik beberapa anggota Kelompok Tani Hutan Harapan Baru I di Kelurahan Batu Putuk. Metode pengumpulan data dilakukan secara observasi dan wawancara kepada empat pemilik industri gula aren. Informasi yang diperoleh, dianalisis menggunakan SWOT. Hasil penelitian menunjukan rata-rata volume nira yang diolah sebesar 46,125 liter/hari (50,737 kg/hari) dari 16 pohon aren. Rata-rata produksi gula aren yang dihasil sebesar 6,53 kg/hari, sedangkan rata-rata rendemen gula aren sebesar 12,57%. Strategi untuk pengembangan produksi gula aren pada industri gula milik anggota Kelompok Tani Hutan Harapan Baru I yaitu meningkatkan kapasitas SDM dalam merawat tanaman aren, memproduksi gula aren cetak dan pemasaran hasil produksi gula aren. Kata kunci: gula aren, hasil hutan bukan kayu, industri gula, kelompok tani hutan, strategi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 2203672819 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2022 05:00
Terakhir diubah: 15 Jun 2022 05:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62983

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir