PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

ANANDA NUR SAFITRI, 1813053043 (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Mb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (7Mb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah orang tua kurang memberikan perhatian terhadap kegiatan belajar dan belum adanya fasilitas yang memadai di rumah sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Negeri Gugus 02 Cempaka. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode penelitian ini adalah ex-post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 245 orang peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 72 orang peserta didik diambil menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika peserta didik berada pada taraf rendah, pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik berada pada taraf sedang, dan pengaruh perhatian orang tua dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik berada pada taraf sedang. Kata kunci: fasilitas belajar, hasil belajar matematika, perhatian orang tua. The problem in this study was parents don’t give attention to learning activities and there are not enough learning facilites at home involve the low mathematics learning outcomes of grade V at Cluster 02 Cempaka Elementary School. The purpose of this study is to determine the effect of parenting attention and learning facilities on students' mathematics learning outcomes. This type of research is quantitative with ex-post facto research methods. The research population amounted to 245 students and the research sample amounted to 72 students was taken using a probability sampling namely proportionate stratified random sampling. Data collection techniques using questionnaires and documentation studies. Data analysis using simple linear regression formula and multiple linear regression. The results showed that an effect of parenting attention on the mathematics learning outcomes at the low level, an effect of and learning facilities on the mathematics learning outcomes at the moderate level, and an effect of parenting attention and learning facilities on the mathematics learning outcomes at the moderate level. Keyword: learning facilities, mathematics learning outcomes, parenting attention

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203498712 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:17
Terakhir diubah: 15 Jun 2022 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62990

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir