PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERIODIK UNSUR BERBASIS REPRESENTASI KIMIA

Ummi Nur Aini, 1653023002 (2022) PENGEMBANGAN MODUL SISTEM PERIODIK UNSUR BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (61Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2426Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN (1).pdf

Download (1103Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul sistem periodik unsur berbasis representasi kimia, mendeskripsikan karakteristik modul sistem periodik unsur berbasis representasi kimia, mendeskripsikan tanggapan guru dan siswa terhadap modul sistem periodik unsur berbasis representasi kimia. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini yaitu modul sistem periodik unsur berbasis representasi kimia. Objek uji pada penelitian dan pengumpulan informasi ini adalah siswa kelas XI dari tiga SMA Negeri di Provinsi Lampung yaitu SMA Negeri 1 Way Jepara, SMA Negeri 1 Kota Gajah, dan SMA Seputih Raman yang terdiri dari 30 siswa. Objek uji coba lapangan awal yaitu 3 guru kimia dan 15 siswa SMAN 1 Way Jepara. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menghitung rata-rata persentase skor tanggapan reponden pada angket. Hasil validasi ahli pada apek kesesuaian isi dengan kurikulum memiliki rata-rata persentase 96,55%; konstruksi 98,33%; keterbacaan 98,48% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil uji coba lapangan dilakukan dengan meminta tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruksi, dan keterbacaan. Tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan. Hasil tanggapan guru pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum memiliki rata-rata persentase 98,85%; konstruksi 98,33%; keterbacaan 97,97% dengan kriteria sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa pada aspek keterbacaan 92,50%; dan kemenarikan 91,21% dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hal tersebut, maka modul sistem periodik unsur berbasis representasi kimia valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203890648 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 00:59
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 00:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62997

Available Versions of this Item

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir