RESPON PEMBERIAN BERBAGAI TINGKAT KONSENTRASI HORMON IBA (Indole Butyric Acid) PADA PERTUMBUHAN STEK PUCUK DAMAR MATA KUCING (Shorea javanica K et V)

NOVITA SARI, 1814151001 (2022) RESPON PEMBERIAN BERBAGAI TINGKAT KONSENTRASI HORMON IBA (Indole Butyric Acid) PADA PERTUMBUHAN STEK PUCUK DAMAR MATA KUCING (Shorea javanica K et V). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (215Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3636Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3590Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Damar Mata Kucing merupakan tanaman penghasil resin yang berasal dari famili Dipterocarpaceae. Populasi tanaman ini terus mengalami penurunan sehingga perlu dilakukan peremajaan. Tanaman ini mengalami musim berbunga 4-5 tahun sekali, sehingga terdapat kesulitan untuk memperoleh sumber biji. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan perbanyakan vegetatif antara lain menggunakan teknik stek pucuk. Perbanyakan dengan stek pucuk memerlukan penambahan auksin untuk memacu pembentukan akar. Pada penelitian ini digunakan hormon IBA (Indole Butyric Acid) dengan berbagai konsentrasi. Penambahan IBA memerlukan konsentrasi yang tepat untuk membantu pertumbuhan stek pucuk yang baik. IBA memiliki kandungan kimia yang lebih stabil dibandingkan dengan auksin yang lainnya. Konsentrasi IBA yang tepat untuk pertumbuhan stek damar mata kucing sampai saat belum diketahui. Tujuan penelitian ini yaitu menemukan hubungan penambahan dan konsentrasi hormon IBA paling baikuntuk pertumbuhan akar stek pucuk damar mata kucing (Shorea javanica). Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap dengan 5 perlakuan yaitu IBA 0 ppm (kontrol), IBA 100 ppm, IBA 200 ppm, IBA 300 ppm, dan IBA 400 ppm. Analisis data yang digunakan yaitu Analysis of Variance (Anova) dan uji Beda Nyata Terkecil (BNT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hormon IBA memberikan pengaruh nyata pada variabel persentase hidup, jumlah akar, jumlah daun dan panjang akar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsentrasi paling baik untuk pertumbuhan stek pucuk damar mata kucing yaitu IBA dengan konsentrasi 100 ppm. Kata kunci: repong damar, damar mata kucing, konsentrasi, Indole Butyric Acid

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 580 Tumbuh-tumbuhan, tanaman, botani, flora
600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 2203397667 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 01:53
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 01:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63012

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir