PENGEMBANGAN MODUL INTERAKSI ANTARPARTIKEL MATERI BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA

Tisfa Aritamara, 1653023003 (2022) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKSI ANTARPARTIKEL MATERI BERORIENTASI REPRESENTASI KIMIA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3260Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul interaksi antarpartikel materi berorientasi representasi kimia, dan mendeskripsikan karakteristik modul yang dikembangkan. Desain penelitian yang digunakan pada pengembangan ini adalah Research and Development (R&D) oleh Borg and Gall. Subjek pada penelitian ini yaitu modul interaksi antarpartikel materi berorientasi representasi kimia. Objek uji untuk tahap penelitian dan pengumpulan data yaitu tiga guru mata pelajaran kimia kelas X di SMA N 14 Bandar Lampung dan SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Kemudian objek untuk uji coba terbatas yaitu tiga guru mata pelajaran kimia dan 15 siswa IPA kelas X di SMA N 14 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket tanggapan. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menghitung rata-rata persentase skor tanggapan responden. Berdasarkan hasil validasi, modul dinyatakan valid dengan persentase sebesar 78,79% untuk aspek keterbacaan, 81,86% untuk aspek kesesuaian isi dan 90,91% untuk aspek konstruksi. Kemudian hasil tanggapan guru terhadap modul yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 98,48% untuk aspek keterbacaan, 99,64% untuk aspek kesesuaian isi dan 99,33% untuk aspek konstruksi. Lalu hasil tanggapan siswa terhadap modul yang dikembangkan mendapatkan kriteria sangat tinggi dengan persentase sebesar 84,02% untuk aspek keterbacaan dan 83,94% untuk aspek kemenarikan. Kata kunci: modul, representasi kimia, interaksi antarpartikel materi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 2203894956 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2022 07:44
Terakhir diubah: 15 Jun 2022 07:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63026

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir