PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD KECAMATAN LABUHAN RATU

RANI BUDIWATI SAMPURNA, 1813053057 (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SD KECAMATAN LABUHAN RATU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (367Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pembelajaran matematika di kelas V SD Kecamatan Labuhan Ratu diketahui bahwa masih rendahnya hasil belajar. Oleh karena itu peneliti membuat tujuan penelitian ini antara lain (1) menganalisis pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika peserta didik (2) menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik (3) menganalisis pengaruh bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian berjumlah 502 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 84 peserta didik di SDN 2 Labuhan ratu dan SDN 2 Sepang Jaya. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling yaitu cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Fhitung  Ftabel (4,55 ≥ 3,95); terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas ditunjukkan dengan nilai Fhitung  Ftabel (5,90 ≥ 3,95); terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Kecamatan Labuhan Ratu ditunjukkan dengan nilai Fhitung  Ftabel (4.04 ≥ 3.10). Penelitian dalam meningkatkan hasil belajar matematika untuk lebih baik terdapat hal lain selain bimbingan belajar orang tua dan motivasi belajar. Kata kunci : bimbingan belajar orang tua, hasil belajar matematika, motivasi belajar Learning mathematics grade V SD Kecamatan Labuhan Ratu is known to have low learning outcomes. Therefore the research made the objectives of this study, among others (1) analyze the effect of parental guidance on students mathematics learning outcomes, (2) analyze the effect of learning motivation on students mathematics learning outcomes, (3) analyze the effect of parental guidance and learning motivation on students mathematics learning outcomes. The data in this research was analyzed by using quantitative research. This type of this research was ex post facto. The population of this research was 502 students and the total sample was 84 students which was taken from SD Negeri 2 Labuhan Ratu dan SD Negeri 2 Sepang Jaya. The sampling technique in this research was cluster sampling which was part of probability sampling technique. Questionnaire and documentation were used as data collection technique Data analysis used a simple linear regression and multiple linear regression formulas. The results showed that there was a significant effect between parental guidance to learn mathematics which was indicated by the Fcount ≥ Ftable (4,55 ≥ 3,95); there was a significant effect between motivation to learn mathematics which was indicated by the Fcount ≥ Ftable (5,90 ≥ 3,95); there was a significant effect between parental guidance and motivation to learn mathematics in grade V SD Kecamatan Labuhan Ratu, which was indicated by the Fcount ≥ Ftable (4.04 ≥ 3.10). Research to improve mathematics learning outcomes for the better there are other things besides parental guidance and learning motivation. Keywords: learning motivation, mathematics learning outcomes, parental guidance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 2203988654 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:22
Terakhir diubah: 15 Jun 2022 08:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63040

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir