PENGEMBANGAN E-LKPD TEMATIK BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

ERMIYANI , YULI (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD TEMATIK BERBASIS LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa E LKPD pembelajaran berbasis model berbasis Learning Cycle 7E yang layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu desain Borg&Gall. Subjek penelitian peserta didik kelas V SDN 1 Bumi Agung. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes hasil belajar. Kelayakan produk ditentukan melalui validasi yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa serta praktisi. Analisis data dilakukan menggunakan perolehan N-Gain untuk menentukan efektifitas produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran berbasis model Learning Cycle 7E layak dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan perolehan N-Gain sebesar 0,53 dengan kategori efektif. Kata kunci: Berpikir Kritis, E-LKPD, Learning Cycle 7E. This research and development aims to produce a E LKPD in the form of a model-based learning design based on Learning Cycle 7E that is feasible and effective to improve critical thinking skills. This research method is development research that refers to the Borg&Gall design. The research subjects were fifth grade students at SDN 1 Bumi Agung. Data was collected through questionnaires and learning outcomes tests. The feasibility of the product is determined through validation carried out by material experts, media experts and linguists and practitioners. Data analysis was performed using N-Gain acquisition to determine product effectiveness. The results showed that the learning design based on the 7E Learning Cycle model was feasible and effective to improve students' critical thinking skills with an N-Gain acquisition of 0.53 in the effective category. Keywords: Critical Thinking, E-LKPD, Learning Cycle 7E.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203167996 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:46
Terakhir diubah: 16 Jun 2022 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63090

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir