AJENG RAHAYU, 1813022004 (2022) PENERAPAN MODEL PBL TERINTEGRASI STEM DENGAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA PADA TOPIK PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (23Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1570Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1062Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan PBL terintegrasi STEM dengan Flipped Classroom untuk meningkatkan kemampuan berpikir Sistem siswa SMA Pada Topik Peubahan Iklim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan non-equivalent control group design dengan melibatkan 65 siswa kelas XI SMA. Kelas Eksperimen diajarkan menggunakan model PBL terintegrasi STEM berbantu Flipped Classroom dan pada kelas kontrol diajarkan menggunakan model IBL terintegrasi STEM dengan berbantuan Flipped Classroom. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir sistem berbasis konten perubahan iklim (Climate Change for System Thinking Achievement Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir sistem siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan topik perubahan iklim dengan menggunakan model PBL terintegrasi STEM berbantuan flipped clasroom. memilki dampak yang signifikan dalam menumbuhkan kemampuan berpikir sistem siswa yang ditunjukkan dengan 1,586 dengan kategori sangat tinggi. Penerapan model PBL terintegrasi STEM dengan flipped classroom untuk meningkatkan berpikir sistem pada topik perubahan iklim. Melalui pendekatan STEM yang diterapkan pada materi perubahan iklim peserta didik menunjukkan perfoma yang baik dalam memberntuk kreatifitas, meningkatkan penguasaan materi dan menggiring peserta didik untuk lebih menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Kata Kunci: Problem Based Learning, Flipped Classroom; Kemampuan berpikir sistem; Pendekatan STEM; Perubahan Iklim
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2203702399 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 08:02 |
Terakhir diubah: | 16 Jun 2022 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63114 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |