HUBUNGAN ANTARA KINERJA PENYULUH PERTANIAN DENGAN TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI USAHATANI PADI DI WILAYAH BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH

Nurmadani, 1814211004 (2022) HUBUNGAN ANTARA KINERJA PENYULUH PERTANIAN DENGAN TINGKAT PENERAPAN TEKNOLOGI USAHATANI PADI DI WILAYAH BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) KECAMATAN TULANG BAWANG TENGAH. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3222Kb) | Preview

Abstrak

Tingkat penerapan teknologi usahatani padi membutuhkan adanya bimbingan yang maksimal dari tenaga penyuluh pertanian. Kinerja penyuluh pertanian yang baik, seharusnya dapat menghasilkan penerapan teknologi usahatani padi yang lebih baik dari pada sebelumnya. Jika penerapan teknologi usahatani padi dilaksanakan dengan tepat, maka seharusnya tingkat produktivitas usahatani padi dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja penyuluh pertanian di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Tulang Bawang Tengah, untuk mengetahui hubungan kinerja penyuluh pertanian dengan tingkat penerapan teknologi usahatani padi di wilayah binaan BPP Kecamatan Tulang Bawang Tengah, untuk mengetahui hubungan tingkat penerapan teknologi usahatani padi dengan tingkat produktivitas usahatani padi di Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan pada bulan Januari Februari 2022. Responden pada penelitian ini adalah 45 petani padi yang tergabung dalam kelompok tani dan tiga tenaga penyuluh pertanian di Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja penyuluh pertanian di BPP Kecamatan Tulang Bawang Tengah termasuk ke dalam kategori sedang. Tingkat kinerja penyuluh pertanian di BPP Kecamatan Tulang Bawang Tengah berhubungan nyata dengan tingkat penerapan teknologi usahatani padi di wilayah binaan BPP Kecamatan Tulang Bawang Tengah, dan tingkat penerapan teknologi usahatani padi berhubungan nyata dengan tingkat produktivitas usahatani padi di Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Kata kunci: Kinerja, penyuluh, teknologi, usahatani.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Pengguna Deposit: 2203634689 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:09
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 01:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63145

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir