PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG

LUH IKA SEPTY ANANTI DEWI, 1513043006 (2022) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI SMK GAJAH MADA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2680Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2681Kb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian yaitu bagaimana pemanfaatan media audio-visual dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tari Muli Siger. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang akan menggambarkan dan menjelaskan masalah yang diteliti. Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari guru seni budaya dan 4 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen pemanfaatan media audio-visual, aktivitas guru dan instrumen penilaian tes praktik siswa. Data yang diperoleh dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dilakukan analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Guru memanfaatkan media audio-visual melalui enam tahapan yaitu, pada tahap pertama guru melibatkan kombinasi beragam media seperti video, laptop, proyektor dan speaker. Pada tahap kedua guru menyiapkan bahan-bahan pembuka menggunakan video. Pada tahap ketiga guru dan siswa mengamati video tari secara bersamaan. Pada tahap keempat guru kembali menyebutkan nama-nama ragam gerak pada saat video ditayangkan. Pada tahap kelima guru menginstruksikan siswa untuk mempraktikan ragam gerak yang sudah dipelajari dengan menggunakan video. Pada tahap keenam guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati video tari di rumah. Hasil belajar siswa mendapatkan kriteria baik sekali dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa yaitu 85. Kata kunci: Media Audio-Visual, Pembelajaran, Tari Muli Siger. The formulation of the problem in the study is how the use of audio-visual media and student learning outcomes in dance learning Muli Siger with the aim of describing the use of e-learning media and student learning outcomes in Muli Siger dance learning on extracurricular dance activities at SMK Gajah Mada Bandar Lampung. This study uses a direct method with a type of descriptive research through a qualitative approach that will describe and explain the problem under study. Data sources in this study were obtained from cultural arts teachers and 5 students. The research instruments used were instruments for using e-learning media, teacher activities and student practice test assessment instruments. The data obtained was carried out by observation, interviews and documentation then data analysis, data presentation and data verification. The teacher uses e-learning media through six stages, the first stage the teacher involves a combination of various media such as videos, laptops, projectors and speakers. Second stage the teacher prepares the opening ingredients using the video. Third stage the teacher and students observe dance videos simultaneously. Fourth stage the teacher again mentions the names of the various movements when the video is aired. Fifth stage the teacher instructs students to practice the various movements that have been learned using video. Sixth stage the teacher assigns students the task of observing dance videos at home. Student learning outcomes get very good criteria with the average value obtained by students is 85. Keywords: Media Audio-Visual, Learning, Muli Siger Dance.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
700 Seni, seni rupa, kesenian
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 2203709144 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 01:40
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 01:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63151

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir