PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM DENGAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA PADA TOPIK PERUBAHAN IKLIM

ALYANA ATINA, 1813022012 (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERINTEGRASI STEM DENGAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SISTEM SISWA PADA TOPIK PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1698Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1203Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan Project Based Learning (PjBL) STEM berbasis Flipped Classroom pada topik Perubahan Iklim untuk meningkatkan kemampuan berpikir sistem siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen berupa non-equivalent control group design dengan melibatkan 72 siswa kelas XI SMA. Kelas eksperimen menggunakan model PjBL terintegrasi STEM dengan flipped classroom dan pada kelas kontrol menggunakan Inquiry based learning terintegrasi STEM dengan flipped classroom . Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir sistem berbasis konten perubahan iklim (Climate Change). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir sistem siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil uji ANCOVA menunjukkan bahwa pembelajaran topic perubahan iklim dengan menggunakan model PjBL STEM berbantuan Flipped Classroom memiliki dampak yang signifikan dalam menumbuhkan kemampuan berpikir sistem siswa yang di tunjukkan dengan nilai effect size ŋ^2=0,969 dengan kategori sangat tinggi. Melalui model pembelajaran PjBL STEM berbantuan Flipped Classroom yang diterapkan pada materi perubahan iklim peserta didik menunjukkan performa yang baik dalam membentuk kreatifitas, meningkatkan penguasaan materi, dan menggiring peserta didik untuk lebih menyadari pentingnya menjaga lingkungan. Kata kunci: PjBL, Pendekatan STEM, Perubahan Iklim, Kemampuan Berpikir Sistem, Flipped Classroom

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 2203208219 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:18
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63179

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir