POLA ALIH TUTUR PADA PODCAST YOUTUBE SULE CHANNEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NUR HALIMAH, 1813041027 (2022) POLA ALIH TUTUR PADA PODCAST YOUTUBE SULE CHANNEL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1557Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1272Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah pola alih tutur percakapan pada Podcast YouTube Sule Channel dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola alih tutur narasumber pada Podcast YouTube Sule Channel dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian berupa video YouTube dalam acara Podcast Sule Channel dengan jumlah durasi 70 menit 55 detik. Data penelitian ini ialah percakapan dalam Podcast Youtube Sule Channel. Data tersebut diambil dari tuturan lisan semua narasumber dalam video. Data dikumpulkan dengan teknik simak bebas libat cakap dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis percakapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pola alih tutur narasumber dalam Podcast YouTube Sule Channel yang dilakukan dengan cara memperoleh, mencuri, merebut, mengganti, menciptakan, dan melanjutkan. Pola alih tutur terbanyak ialah pola alih tutur dengan cara memperoleh, sedangkan pola alih tutur tersedikit ialah pola alih tutur dengan cara mengganti. Hasil penelitian keseluruhan sebanyak 425 data. Konteks cara dan nada yang digunakan penutur dan mitra tutur dalam penyampaikan isi ujaran ialah dengan konteks serius, sedangkan saluran komunikasinya dilakukan dengan tatap muka langsung. Sementara itu, norma atau aturan yang digunakan penutur dan mitra tutur dalam peristiwa tutur ialah saling menghargai. Hasil penelitian dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (SMA) dengan kurikulum 2013 revisi 2018 pada kompetensi dasar 3.13 menganalisis isi debat (permasalahan/isi, sudut pandang, dan argument beberapa pihak dan simpulan) dan 4.13 mengembangkan permasalahan/isi dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. Materi pokok pada kompetensi dasar tersebut ialah materi debat. pengimplikasian ini dapat membantu pendidik dan peserta didik dalam memahami pola alih tutur pada aspek keterampilan berbicara dalam kegiatan praktik debat. Hal tersebut dilakukan dengan cara dituangkan dalam bentuk skenario pembelajaran dan rincian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Kata kunci: pola alih tutur, Podcast Sule Channel, video YouTube, implikasi, debat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203195391 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:30
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 03:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir