Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Self Confidence dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa

Miftahul Jannah, 1613023008 (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Self Confidence dan Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2826Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN..pdf

Download (2386Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan self confidence dan penguasaan konsep siswa pada materi asam basa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Metro. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, diperoleh kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata pada n-Gain dan uji effect size terhadap kemampuan self confidence dan penguasaan konsep siswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan SPSS 23.0 menunjukkan kemampuan self confidence siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor n-Gain yang berkategori “sedang” yaitu 0,58 dan kelas kontrol berkategori “sedang” yaitu 0,31, sedangkan kemampuan penguasaan konsep siswa di kelas eksperimen diperoleh rata-rata skor n-Gain yang berkategori “tinggi” yaitu 0,83 dan kelas kontrol berkategori “sedang” yaitu 0,68. Besarnya efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan self confidence dan penguasaan konsep siswa dilakukan dengan uji effect size, yang menunjukkan efek “besar.” Berdasarkan hal di atas disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki keefektifan yang tinggi serta memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan kemampuan self confidence dan penguasaan konsep siswa. Kata kunci: model pembelajaran inkuiri terbimbing, self concidence, penguasaan konsep, asam basa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Kimia
Pengguna Deposit: 2203472173 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 03:37
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 03:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63187

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir