PENGARUH APLIKASI KONSORSIUM ISOLAT BAKTERI TERPILIH DAN JENIS PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum)

MUHAMMAD FAJAR ISMAIL NASUTION, 1714121023 (2022) PENGARUH APLIKASI KONSORSIUM ISOLAT BAKTERI TERPILIH DAN JENIS PUPUK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN CABAI MERAH (Capsicum annum). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2781Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2693Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Rendahnya produksi cabai merah diduga karena kesuburan tanah yang rendah. Masalah kesuburan tanah dapat diatasi dengan melakukan pemupukan, baik dengan pupuk kimia ataupun pupuk organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsorsium isolat bakteri terpilih, jenis pupuk, dan interaksi keduanya dalam meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial 4x3 yang diulang sebanyak 3 kali. Faktor pertama merupakan jenis konsorsium isolat bakteri terpilih yang terdiri dari: tanpa konsorsium (K0) konsorsium isolat bakteri terpilih dari rimpang nanas (K1), konsorsium TKKS (K2), dan kombinasi konsorsium RN+TKKS (K3). Faktor kedua merupakan jenis pupuk, yang terdiri dari: pupuk kimia (P1), pupuk organonitrofos steril (P2), dan pupuk organonitrofos non-steril (P3). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsorsium isolat bakteri terpilih tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman cabai merah. Pupuk organonitrofos steril memberikan hasil terbaik pada produksi tanaman cabai merah. Pupuk organonitrofos non-steril memberikan hasil terbaik terhadap pertumbuhan tanaman cabai merah dan kadar C-organik tanah. Tidak ditemukan adanya interaksi dari pengaplikasian konsorsium isolat bakteri terpilih dengan jenis pupuk terhadap seluruh variabel yang diamati. Kata kunci:Isolat bakteri terpilih, Produksi tanaman cabai, Pupuk organonitrofos, Tanaman cabai merah

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agroekoteknologi
Pengguna Deposit: 2203365750 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 07:58
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 07:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63220

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir