PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 2 BANDARLAMPUNG

Rayhan Shabir, 1753025002 (2022) PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 2 BANDARLAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3150Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1374Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN VIDEO MOTION GRAPHICS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI JARINGAN BERBASIS LUAS DI SMK NEGERI 2 BANDARLAMPUNG Oleh RAYHAN SHABIR Dunia pendidikan saat ini banyak memanfaatkan bantuan berupa teknologi seperti perangkat komputer untuk membantu proses penyampaian materi. Salah satunya video motion graphics. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kevaliditasan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 2 Bandarlampung. (2) Mengetahui kepraktisan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas di SMK Negeri 2 Bandarlampung. Jenis penelitian ini adalah Reasearch and Development (R&D). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknik Komputer Jaringan sebanyak 24 siswa. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE terdiri dari Analysis, Desain, Development, Implemtation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah berupa lembar angket validasi ahli dan lembar angket respon siswa. Angket validasi ahli digunakan untuk menilai kevalidan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas dan angket respon siswa untuk menilai kepraktisan video motion graphics sebagai media pembelajaran pada materi jaringan berbasis luas. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) video motion graphics pada materi jaringan berbasis luas yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli media pada aspek tampilan sebesar 0,67, aspek kelengkapan media sebesar 0,75 dalam kategori valid atau layak. Penilaian ahli materi pada aspek pembelajaran sebesaran 0,69, aspek kebahasaan sebesar 0,64 dalam kategori valid atau layak digunakan. (2) video motion graphics pada materi jaringan berbasis luas yang telah dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata uji respon siswa 74%. Kata kunci: ADDIE, video, motion graphics, jaringan berbasis luas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2203331417 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:18
Terakhir diubah: 17 Jun 2022 08:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63226

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir