DESWITA ELLIYA SARI, 1713022048 (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HUKUM GRAVITASI NEWTON UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4021Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3316Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan desain Research and Development (R&D) model ADDIE yang tediri dari 5 tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-Modul berbasis inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Kevalidan produk dinilai oleh 3 orang ahli yang terdiri dari aspek penilaian materi dan konstruk, serta aspek penilaian media dan desain dengan hasil skor rata-rata keseluruhan sebesar 3,63 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan produk dinilai dari aspek keterbacaan dan aspek yang berisikan persepsi guru tentang kesesuaian kegiatan pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dengan memperoleh persentase rata-rata keseluruhan sebesar 90% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan produk dinilai berdasarkan respon peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis yang dilatihkan setelah menggunakan E-Modul, dengan persentase keefektifan produk sebesar 87% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan analisis hasil data disimpulkan bahwa hasil pengembangan E-Modul berbasis inkuiri terbimbing pada materi hukum gravitasi newton telah valid, praktis, dan efektif untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Kata Kunci : E-Modul, Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hukum Gravitasi Newton.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2203820851 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 03:36 |
Terakhir diubah: | 20 Jun 2022 03:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63247 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |