DETEKSI DAN KARAKTERISASI MOLEKULER GEN TrAP DAN Rep BEGOMOVIRUS YANG MENGINFEKSI TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) DI LAMPUNG SELATAN

AZ-ZAHRA SEPTIANA, 1857021005 (2022) DETEKSI DAN KARAKTERISASI MOLEKULER GEN TrAP DAN Rep BEGOMOVIRUS YANG MENGINFEKSI TANAMAN TOMAT (Solanum lycopersicum L.) DI LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (1060Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2511Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2512Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tanaman tomat (Solanum lycopersicum L.) ialah salah satu tanaman pertanian bernilai ekonomi tinggi dan banyak dibudidayakan di Lampung. Dalam proses budidaya tanaman tomat petani seringkali menemukan hambatan, salah satunya adalah infeksi Begomovirus. Infeksi virus ini dapat mengakibatkan penurunan hasil pertanian tanaman tomat. Begomovirus termasuk ke dalam famili Geminiviridae (kelompok Geminivirus) yang ditularkan oleh kutu kebul (Bemisia tabaci Genn.). Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi keberadaan Begomovirus pada tanaman tomat di Lampung Selatan, mengetahui karakteristik molekuler gen TrAP dan Rep pada Begomovirus yang menginfeksi tanaman tomat di Lampung Selatan, dan menganalisis hubungan kekerabatan Begomovirus yang menginfeksi tanaman tomat di Lampung Selatan dengan isolat Begomovirus asal negara lain berdasarkan sekuen gen TrAP dan Rep. Deteksi dan karakterisasi dilakukan melalui amplifikasi gen TrAP dan Rep menggunakan Polymerase chain reaction (PCR) dengan primer universal Begomovirus yaitu SPG1 dan SPG2. Hasil elektroforesis tanaman tomat yang terinfeksi Begomovirus akan menunjukkan pita spesifik berukuran ± 912 bp. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi, Jurusan Hama dan Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung pada bulan September - Desember 2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Begomovirus menginfeksi tanaman tomat pada tiga daerah di Kabupaten Lampung Selatan, yaitu Desa Agom (T2) dan Desa Kedaton (T3), Kecamatan Kalianda, serta Desa Takabau (T12), Kecamatan Penengahan. Masing-masing isolat teridentifikasi sebagai Tomato yellow leaf curl Thailand virus (TYLCV) dengan homologi sebesar 86,98%-98,27%. Hasil rekonstruksi pohon filogenetik menunjukan isolat T3 dan T12 berada pada cabang yang sama dan membentuk satu kelompok yang memiliki hubungan kekerabatan yang cukup jauh dengan isolat Begomovirus lainnya karena isolat TYLCV dari Indonesia ini telah mengalami spesiasi sebagai adaptasi terhadap Lingkungan. Kata kunci: Begomovirus, gen TrAP dan Rep, Polymerase Chain Reaction (PCR), Tomat (Solanum lycopersicum L.), TYLCV.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 2203506987 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:02
Terakhir diubah: 20 Jun 2022 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63250

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir