PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER

DESFA RAHMAWATI, 1813025012 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI NEARPOD UNTUK MELATIH KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3019Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2700Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berupa pengembangan media pembelajaran interaktif untuk melatih keterampilan perakitan komputer pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar kelas X Teknik Komputer Jaringan yang bertujuan mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan produk media pembelajaran interaktif nearpod. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu, pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahapan pengembangan (develop) saja, sedangkan tahapan penyebaran (disseminate) tidak dilakukan, sehingga penelitian ini hanya sampai pada tahap 3-D (Define, Design and Develop). Penelitian dilaksanakan kepada 21 peserta didik kelas X TKJ SMKN 3 Metro. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan, angket validasi ahli media dan materi, angket uji keterbacaan, angket persepsi guru, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran interaktif nearpod pada materi perakitan komputer dapat menjadi media pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran blended learning saat ini, (2) media pembelajaran interaktif nearpod terdiri dari materi pengenalan komponenkomponen komputer, video simulasi, desain proyek, praktik simulasi, dan kuis, (3) kevalidan produk media pembelajaran interaktif nearpod mendapat skor ratarata penilaian oleh validator ahli media sebesar 3,55 dan ahli materi sebesar 3,76 dengan kategori sangat valid, (4) kepraktisan produk media pembelajaran interaktif nearpod mendapat skor rata-rata persentase 82% dengan kategori sangat praktis, (5) keefektifan produk media pembelajaran interaktif nearpod mendapat skor rata-rata persentase 82% dengan kategori sangat efektif. Kata Kunci: media pembelajaran interaktif, nearpod, Augmented Reality, model STEM-PjBL, perakitan komputer.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
600 Teknologi (ilmu terapan)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Teknologi Informasi
Pengguna Deposit: 2203210449 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:11
Terakhir diubah: 20 Jun 2022 04:11
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63251

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir