MUHAMMAD MALIK PURNAMA , 17130320583 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1429Kb) | Minta salinan |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1086Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini berfokus kepada pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dalam sektoral pendidikan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu, bagaimanakah pengaruh antara pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif, dalam mengumpulkan data di lapangan peneliti menggunakan instrumen angket yang berisi pernyataan yang disesuaikan dengan indikator variabel independen dan dependen. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan pembelajaran daring mempengaruh tingkat tanggung jawab atau civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Hal tersebut terlihat dari indikator-indikator yang diajukan peneliti kepada responden. Menurunnya tingkat tanggung jawab atau civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu tidak serta merta dipengaruhi oleh pembelajaran daring saja, melainkan ada faktor lain yang mempengaruhi tanggung jawab peserta didik diluar pembelajaran daring, diantaranya ialah kesadaran dari masing-masing peserta didik itu sendiri, kurangnya percaya diri akan kemampuan yang dimiliki, dan juga kurang optimalnya peran dari guru bimbingan konseling. Oleh karena itu, untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik, point-point yang mempengaruhi civic responsibility peserta didik harus ditingkatkan baik oleh masing-masing peserta didik itu sendiri dan juga dibantu dengan peran lembaga pendidikannya. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Civic Responsibility, Peserta Didik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi PPKN |
Pengguna Deposit: | 2203600571 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Jun 2022 06:26 |
Terakhir diubah: | 20 Jun 2022 06:26 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63271 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |