PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PRINGSEWU

MUHAMMAD MALIK PURNAMA , 17130320583 (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP CIVIC RESPONSIBILITY PESERTA DIDIK DI SMAN 1 PRINGSEWU. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1429Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1086Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berfokus kepada pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dalam sektoral pendidikan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu, bagaimanakah pengaruh antara pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif, dalam mengumpulkan data di lapangan peneliti menggunakan instrumen angket yang berisi pernyataan yang disesuaikan dengan indikator variabel independen dan dependen. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan pembelajaran daring mempengaruh tingkat tanggung jawab atau civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Hal tersebut terlihat dari indikator-indikator yang diajukan peneliti kepada responden. Menurunnya tingkat tanggung jawab atau civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu tidak serta merta dipengaruhi oleh pembelajaran daring saja, melainkan ada faktor lain yang mempengaruhi tanggung jawab peserta didik diluar pembelajaran daring, diantaranya ialah kesadaran dari masing-masing peserta didik itu sendiri, kurangnya percaya diri akan kemampuan yang dimiliki, dan juga kurang optimalnya peran dari guru bimbingan konseling. Oleh karena itu, untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik, point-point yang mempengaruhi civic responsibility peserta didik harus ditingkatkan baik oleh masing-masing peserta didik itu sendiri dan juga dibantu dengan peran lembaga pendidikannya. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Civic Responsibility, Peserta Didik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: 2203600571 . Digilib
Date Deposited: 20 Jun 2022 06:26
Terakhir diubah: 20 Jun 2022 06:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63271

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir