HUMANITARIAN ASSISTANCE ASSOCIATION OF SOUTHEAST ASIAN NATIONS (ASEAN) DALAM MENANGANI POST-TRAFFICKING STAGE DI THAILAND, 2016-2020

SAFAANA SALWA SALSABILLA, 1816071022 (2022) HUMANITARIAN ASSISTANCE ASSOCIATION OF SOUTHEAST ASIAN NATIONS (ASEAN) DALAM MENANGANI POST-TRAFFICKING STAGE DI THAILAND, 2016-2020. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1656Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1174Kb) | Preview

Abstrak

Isu human trafficking sudah menjadi salah satu ancaman bagi Asia Tenggara karena seluruh negara di area ini termasuk ke dalam negara yang terlibat baik sebagai negara asal, negara destinasi, maupun negara transit, dan bahkan Asia Tenggara dikenal sebagai hotspot trafficking karena alasan ini. Thailand merupakan salah satu negara dengan angka human trafficking tertinggi di Asia Tenggara. Tingginya angka human trafficking di Thailand mendorong pemerintah melakukan upaya ekstra untuk memberantas human trafficking, selain itu pemerintah juga tidak mengesampingkan pentingnya post-trafficking stage atau fase setelah perdagangan yang dialami oleh korban seperti masalah kesehatan, kehilangan pekerjaan, pemberian kompensasi, bersaksi di depan pengadilan, dan perlindungan dari reviktimisasi, hingga pemulangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data studi pustaka dan konsep human trafficking serta regional organization untuk melihat humanitarian assistance ASEAN sebagai organisasi regional yang dinaungi oleh Thailand dengan dua indikator yaitu adanya perjanjian internasional dan adanya kebijakan serta kelembagaan baru. Data yang terdapat di dalam penelitian ini diperoleh dari laporan resmi Pemerintah Thailand, ASEAN, dan US Departement State. Hasil penelitian menunjukan bahwa humanitarian assistance yang diberikan oleh ASEAN untuk Thailand adalah adanya ACTIP yang merupakan perjanjian internasional yang mengikat Thailand, kemudian rancangan kebijakan yang tercantum dalam APA dan Bohol TIP Work Plan, serta kelembagaan kerjasama yaitu ASEAN-ACT dan Progress. Kata kunci: human trafficking, post-trafficking stage, Thailand, humanitarian assistance, ASEAN.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2203414391 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2022 06:43
Terakhir diubah: 21 Jun 2022 06:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63364

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir