PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR

SUBARIYANTO, MUHAMMAD, ISRO'I (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE TUGAS AKHIR THESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (17Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
FILE TUGAS AKHIR THESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (17Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian dan pengembangan LKPD berbasis discovery learning ini bertujuan untuk mendeskripsikan produk LKPD berbasis discovery learning yang layak, menarik, mudah, dan bermanfaat serta mendeskripsikan efektivitas LKPD berbasis discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan yang merujuk pada model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Gugus Kartini III Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan. Sampel penelitian adalah 50 peserta didik kelas V SDN 01 Bumi Say Agung. Data dikumpulkan menggunakan lembar angket dan soal tes. Hasil uji validasi produk LKPD oleh ahli materi diperoleh nilai 83,65 dengan kategori sangat baik, ahli media diperoleh nilai 86,45 (kategori sangat baik), ahli bahasa diperoleh nilai 82,69 (kategori sangat baik), dan praktisi diperoleh nilai 88,00 (kategori sangat baik). Hasil uji kemenarikan, kemudahan, dan kebermanfaatan berturut-turut memperoleh skor 4,05 (kategori menarik), 4,02 (kategori mudah), dan 4,20 (kategori bermanfaat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil pretes dengan hasil postes dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,12 (kategori cukup baik). Hal ini berarti bahwa LKPD berbasis discovery learning layak, menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V SD. This research and the development of discovery learning-based worksheets aims to describe discovery learning-based worksheets that are feasible, interesting, easy, and useful and to describe the effectiveness of discovery learning-based worksheets in improving the critical thinking skills of fifth grade elementary school students. The type of research used is research and development, which refers to the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). The subjects of this study are 5th grade primary school students in Kartini Group III, Bumi Agung District, Way Kanan Regency. The research sample consisted of 50 fifth grade students at SDN 01 Bumi Say Agung. Data was collected using a questionnaire sheet and test questions. The results of the LKPD product validation test by material experts obtained a score of 83.65 with a very good category, media experts obtained a score of 86.45 (very good category), linguists obtained a score of 82.69 (very good category), and practitioners obtained a score of 88.00 (very good category). The results of the attractiveness, convenience, and usefulness tests obtained a score of 4.05 (interesting category), 4.02 (easy category), and 4.20 (useful category). The results showed that there was an increase in the results of the pretest compared to the posttest, with an average N-Gain of 0.12 (good enough category). This means that discovery learning-based worksheets are feasible, interesting, easy, useful, and effective in improving the critical thinking skills of fifth grade elementary school students.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 2203458609 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2022 05:49
Terakhir diubah: 21 Jun 2022 05:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63374

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir