Analisis Dampak Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik Di BAZNAS Provinsi Lampung (Studi Kasus: Peternak Kambing dan Bebek)

Fuad Buntoro, 1821021002 (2022) Analisis Dampak Zakat Produktif Terhadap Kesejahteraan Mustahik Di BAZNAS Provinsi Lampung (Studi Kasus: Peternak Kambing dan Bebek). Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
full tesis fuad buntoro tanpa lampiran.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (863Kb)
[img]
Preview
File PDF
tesis tanpa pembahasan fuad.pdf

Download (549Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Zakat produktif merupakan zakat yang diberikan kepada mustahik dengan cara memberikan bantuan modal seperti hewan ternak kambing dan bebek. Diharapkan dengan adanya bantuan zakat produktif, mustahik dapat mandiri dan tidak bergantung lagi pada bantuan zakat. Namun dalam pelaksanaanya terdapat berbagai kendala. Penelitian Ini bertujuan untuk melihat dampak zakat produktif terhadap kesejahteraan mustahik Baznas Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam (deep interview) dan data sekunder dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa terdapat berbagai kendala dalam pelaksanaan bantuan zakat produktif, seperti: kurang siapnya mental dan manajemen usaha mutahik dan kurang matangnya perencaan program yang dilakukan oleh Baznas Parovinsi Lampung. Hasil lainnya adalah zakat produktif berdampak positif terhadap kesejahteraan mustahik dari segi ekonomi dan dari segi spiritual atau ibadah. Kata kunci: Zakat, Zakat Produktif, Kesejahteraan

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 336 Keuangan publik
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi S2
Pengguna Deposit: 2203672412 . Digilib
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:53
Terakhir diubah: 21 Jun 2022 07:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63382

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir