ATMAJA, FAUZI DIMAS (2022) PENGENALAN DAN PEMBELAJARANGAMOLAN DENGAN TABUH LAYANG KASIWAN DI SMPN 17 PESAWARAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (2523Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini membahas tentang pembelajaran Gamolan dengan tabuh layangKasiwanyang dilihat dari persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi proses pembelajaran tatap muka. Pembelajaran pada penelitian ini yaitu deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru seni budaya dan peserta didik kelas VII di SMPN 17 Pesawaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pembelajaran Gamolan dengan tabuh layang Kasiwan yang dirokemendasikan untuk pemula yang sudah ditentukan konsep pembelajarannya sangat efektif dalam penelitian ini, dengan melihat dari tiga tahapan. Proses pertama yaitu persiapan yang berupa silabus dan RPP. Proses kedua yaitu pelaksanaan yang berupa teknik pelaksanaan pembelajaran tatap muka,bahan ajar dan pesan-pesan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, pembaharuan pembelajaran. Proses ketiga yaitu evaluasi proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengenalan, Pembelajaran, Gamolan This study discusses learning Gamolan with kite percussion seen from the preparation, implementation, and evaluation of the learning process. This study aims to describe the preparation, implementation and evaluation of the face-to- face learning process. The approach in this research is descriptive with the type of qualitative research. Sources of data in this study were school principals, art and culture teachers and seventh grade students at SMPN 17 Pesawaran. Data collection techniques used in this study include observation, interviews and documentation. Data analysis techniques used include data reduction, data presentation and verification. Gamolan learning with the Kasiwang kite is recommended for beginners whose learning concepts have been determined to be very effective in this study, by looking at three stages. The first process is preparation in the form of a syllabus and lesson plans. The second process is implementation in the form of face-to-face learning implementation techniques, teaching materials and learning messages, learning implementation, learning renewal. The third process is the evaluation of the learning process. Keywords: Learning, Introduction, Gamolan
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 700 Seni, seni rupa, kesenian |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Musik |
Pengguna Deposit: | 2203354495 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 02:31 |
Terakhir diubah: | 23 Jun 2022 02:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63530 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |