PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS RESENSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

HESTI IRMASARI, 1823041001 (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS RESENSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK H.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL H.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2129Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL TANPA PEMBAHASAN H.pdf

Download (1496Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MENULIS RESENSI UNTUK SISWA KELAS XI SMA BERBASIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER Oleh HESTI IRMASARI Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan LKPD menulis resensi berbasis penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD menulis resensi siswa kelas XI SMA berbasis Penguatan Pendidikan Karakter. Produk yang dikembangkan berupa materi belajar yang mudah dipahami dengan langkah pembelajaran yang berbasis penguatan pendidikan karakter agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model Dick and Carey dengan sembilan tahap yang digunakan sebagai prosedur pengembangan produk LKPD. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah seperti di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, dan MA Muhammadiyah 1 Sukarame Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peneliti berhasil mengembangkan bahan ajar berupa “LKPD Menulis Resensi Berbasis Penguatan Pendidikan karakter”. Nilai karakter yang dikembangkan dalam produk LKPD berupa nilai religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong, (2) kelayakan LKPD yang dikembangkan secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi dengan persentase penilaian 84,4%, 90,5% , dan 87,1%. (3) LKPD yang dihasilkan telah efektif digunakan untuk pembelajaran menulis resensi di masing-masing sekolah dengan nilai N-gain sebesar (0,32), (0,34), dan (0,33) termasuk dalam kategori “sedang”. Kata kunci: LKPD, resensi, pendidikan karakter ABSTRACT DEVELOPMENT STUDENT WORKSHEETS (LKPD) WRITE A REVIEW FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE XI WITH STRENGTHENING CHARACTER EDUCATION By HESTI IRMASARI The problem in this study is related to the development of LKPD writing reviews based on strengthening character education. This study aims to produce LKPD products for writing reviews for class XI high school students based on Strengthening Character Education. The product developed is in the form of easy-to-understand learning materials with learning steps based on strengthening character education so that learning becomes more meaningful. This research is a research development or Research and Development (R&D) with the Dick and Carey model with nine stages that will be used as a procedure for developing LKPD products. Data collection techniques were carried out by means of observation, interviews, and distributing questionnaires in three schools such as SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung, SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, and MA Muhammadiyah 1 Sukarame Bandar Lampung. The results showed that (1) the researchers succeeded in developing teaching materials in the form of "LKPD Writing Reviews Based on Character Education". Character values developed in LKPD products are religious, nationalist, integrity, independent, and mutual cooperation values; (2) the feasibility of the LKPD developed as a whole was declared "very feasible" by material experts, media experts, and practitioners with a percentage rating of 84,4, 90,5, and 87,1. (3) The resulting LKPD has been effectively used for learning to write reviews in each school with N-gain values of (0,32), (0,34), and (0,33) included in the "medium" category. Keywords: Based of Character Education Strengthening, student activity sheets, review.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2203767289 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:03
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 02:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63534

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir