FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEGRADASI STATUS SUNTAN PADA MASYARAKAT ADAT LAMPUNG SAIBATIN (STUDI KASUS PADA PEMUDA DI PEKON PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT)

Dodi Juliantara, 1816011029 (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DEGRADASI STATUS SUNTAN PADA MASYARAKAT ADAT LAMPUNG SAIBATIN (STUDI KASUS PADA PEMUDA DI PEKON PAHMUNGAN KECAMATAN PESISIR TENGAH KABUPATEN PESISIR BARAT). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (106Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3183Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3066Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masyarakat adat Lampung saibatin memiliki seorang pemimpin adat yang bergelar suntan. Suntan dalam masyarakat Lampung saibatin seharusnya memiliki status sosial tertinggi dalam masyarakat baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam perihal adat. Namun dewasa ini ditemukannya fenomena degradasi status sosial suntan pada masyarakat adat dan kalangan pemuda di pekon pahmungan, kecamatan pesisir tengah, kabupaten pesisir barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berdasarkan data di lapangan, Dengan tekhnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fenomena degradasi status sosial suntan dipengaruhi oleh faktor-faktor yang disebabkan oleh globalisasi dan diri suntan sendiri. Faktor-faktor yang mempengaruhi degradasi status sosial suntan disebabkan oleh globalisasi yaitu 1) kurangnya sosialisasi, 2) ekonomi, 3) media sosial 4) westernisasi. Faktor faktor yang disebabkan oleh diri suntan sendiri yaitu 1) ekonomi, 2) pekerjaan, 3) pendidikan, 4) perilaku dalam masyarakat. Kata kunci : degradasi, suntan, faktor

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203745660 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:18
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63536

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir