IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

AMALIA SARI , 1813033055 (2022) IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 TUMIJAJAR KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (96Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2484Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2359Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kebijakan penyederhanaan RPP Merdeka Belajar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang menetapkan bahwasannya hanya tiga komponen utama yang mesti ada dalam guru menyusun RPP Merdeka Belajar yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen atau penilaian sedangkan untuk komponen lainnya hanya sebagai pelengkap. Dengan adanya kebijakan tersebut, maka guru sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar dalam menyusun RPP Merdeka Belajar sudah mengimplementasikan tiga komponen utama tersebut dalam menyusun RPP Merdeka Belajar. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP Merdeka Belajar pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Tumijajar sudah diimplementasikan. Hal ini terlihat dari guru dalam melakukan perumusan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, maupun asesmen atau penilaian dalam RPP Merdeka Belajar yang disesuaikan dengan kurikulum Merdeka Belajar. Walaupun dalam pengimplementasiannya masih belum sempurna. Kata Kunci: Implementasi, RPP Merdeka Belajar, SMA Negeri 1 Tumijajar Simplification of the Free Learning RPP by the Minister of Education and Culture Nadiem Makarim, who stipulates that there are only three main components that teachers must have to prepare the Free Learning RPP, namely learning objectives, learning activities, and assessment or equipment for other components only as a complement. With this policy, the history teacher at SMA Negeri 1 Tumijajar in compiling the RPP Merdeka Learning has implemented the three main components in compiling the RPP Merdeka Learning. The formulation of the problem in this study is "How is the Implementation of the Free Learning Implementation Plan (RPP) in History Subjects at SMA Negeri 1 Tumijajar, Tulang Bawang Barat Regency?". The purpose of this study was to determine the implementation of the Independent Learning Implementation Plan (RPP) in History Subject at SMA Negeri 1 Tumijajar, Tulang Bawang Barat Regency. The method used in this research is descriptive qualitative research method using data collection techniques, namely interviews, observation, and documentation. The data analysis technique used is qualitative data analysis technique. The results showed that the RPP Merdeka Learning in history subjects at SMA Negeri 1 Tumijajar had been implemented. This can be seen from the teacher in formulating learning objectives, learning activities, and assessments in the Merdeka Learning RPP which is adjusted to the Merdeka Learning curriculum. Although the implementation is still not perfect. Keyword: Implementation, RPP Free to Learn, Senior High School 1 Tumijajar

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2203359505 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:29
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 03:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63565

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir