PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF PENYULUHAN PENCEGAHAN COVID-19 DINAS KESEHATAN KOTA METRO TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN (Studi Pada Masyarakat di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat Kota Metro)

MURNIADI, MURNIADI (2022) PENGARUH KOMUNIKASI PERSUASIF PENYULUHAN PENCEGAHAN COVID-19 DINAS KESEHATAN KOTA METRO TERHADAP SIKAP MASYARAKAT DALAM MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN (Studi Pada Masyarakat di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat Kota Metro). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3173Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2790Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Covid-19 merupakan penyakit yang ditetapkan World Health Organization (WHO) sebagai pandemi yang mematikan dan cepat menular. Hal tersebut membuat pemerintah bergerak cepat menentukan dan membuat kebijakan baru yaitu protokol kesehatan yang disosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Kota Metro merupakan salah satu kota di Provinsi Lampung yang turut mengadakan penyuluhan pencegahan Covid-19, salah satunya di Kelurahan Mulyojati Kecamatan Metro Barat dikarenakan wilayah tersebut menempati urutan 3 teratas kasus terkonfirmasi Covid-19. Kegiatan penyuluhan bertujuan untuk memberikan pemahaman agar waspada dan mematuhi protokol kesehatan sehingga tercipta masyarakat yang sehat dan aman dari virus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi persuasif yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Metro terhadap sikap masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan di Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Kota Metro. Teori yang digunakan adalah teori S-O-R dan teori kredibiltas sumber. Penelitian ini menggunakan metode survei dan sampel berjumlah 90 responden. Berdasarkan perhitungan uji T, menyatakan variabel X komunikasi persuasif berpengaruh sebesar 56% terhadap variabel Y sikap, dimana komunikasi persuasif tersebut disampaikan oleh komunikator yang kredibel dan memiliki daya tarik serta kedekatan dengan masyarakat. Hipotesis yang diajukan diterima dengan dibuktikan nilai T hitung = 10.578 > T tabel = 1,662. Indikator dalam komunikasi persuasif yaitu kredibilitas, daya tarik, kemampuan berbahasa, pesan dan media/saluran, tetapi yang paling berpengaruh adalah indikator pesan, sedangkan indikator pada sikap yaitu kognitif, afektif, dan konatif, tetapi yang paling besar terpengaruhi dari sikap masyarakat adalah sisi afektifnya yang disebabkan pentingnya protokol kesehatan karena berkaitan dengan masalah kesehatan yang sedang dihadapi baik diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Kata Kunci: covid-19, komunikasi persuasif, sikap masyarakat, protokol kesehatan The World Health Organization (WHO) has declared Covid-19 to be a lethal and rapidly contagious pandemic. This prompted the government to act fast to develop and implement new regulations, specifically health procedures that were distributed to the public in relation to dealing with and preventing the spread of Covid-19. Metro City is one of the cities in Lampung Province that has also hosted Covid-19 preventative counselling, one of which is in Mulyojati Village, West Metro District, because the area is among the top three confirmed Covid-19 instances. The counselling activity seeks to convey a knowledge of the importance of being vigilant and following health standards in order to establish a healthy and safe community free of the Covid-19 virus. The purpose of this study is to see how much influence the Metro City Health Service's persuasive communication has on people's attitudes on adhering to health protocols in Mulyojati Village, West Metro District, Metro City. S-O-R theory and source credibility theory are employed. This study employed a survey method and a sample size of 90 people. According to the T test calculation, the persuasive communication variable X has a 56 percent effect on the Y attitude variable, provided that the persuasive communication is presented by a credible communicator and has attractiveness and connectedness to the community. With demonstrated T count = 10,578 > T table = 1.662, the offered hypothesis is accepted. Credibility, attractiveness, language skills, messages, and media/channels are indicators in persuasive communication, but the most influential are message indicators, while indicators for attitudes are cognitive, affective, and conative, but the most affected by people's attitudes are the affective side due to the importance of health protocols because they are related to the health problems that you and your family are facing. Keywords : covid-19, persuasive communication, public attitude, health protocol

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203295140 . Digilib
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:22
Terakhir diubah: 23 Jun 2022 04:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63576

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir