STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PILKADA SERENTAK 2020 DI MASA PANDEMI COVID-19

MUH. DANANG PANGESTU, 1716041058 (2022) STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT PADA PILKADA SERENTAK 2020 DI MASA PANDEMI COVID-19. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3417Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (3419Kb) | Preview

Abstrak

Pilkada serentak tahun 2020 banyak terjadi pro dan kontra dari masyarakat yang mengiringi rencana pemerintah pusat untuk tetap menyelenggarakan Pilkada serentak di tengah pandemi COVID-19. Bandar Lampung menjadi daerah yang dinilai paling rawan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak di Provinsi Lampung. KPU RI menetapkan target partisipasi politik masyarakat sebesar 77,5%. Namun dalam realisasinya, angka partisipasi politik masyarakat Kota Bandar Lampung hanya mencapai 69,13%. Penurunan jumlah partisipasi politik masyarakat pada Pilkada serentak ini disebabkan banyak dari masyarakat yang takut untuk berinteraksi diluar rumah, terjadinya kerumunan di TPS sehingga mengakibatkan angka penyebaran virus ini akan semakin luas, serta beberapa masyarakat kesulitan menyesuaikan jadwal pemilihan karena transisi kesibukan masyarakat di masa Work From Home. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi KPU Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat pada Pilkada Serentak di masa pandemi serta menganalisis tantangan dan hambatan strategi yang dilakukan KPU Kota Bandar Lampung.Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dari pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Strategi yang di lakukan oleh KPU Kota Bandar Lampung dalam meningkatkan partisipasi politik masyarakat di masa Pandemi COVID-19 sudah berjalan dengan baik apabila di analisis menggunakan SWOT. Permasalahan dapat diatasi dengan bantuan dari stakeholder yang ada dan relawan demokrasi yang berasal dari masyarakat. Namun kendala yang lain tentunya masih ada seperti kondisi pandemi, anggaran dan sumber daya manusia. Permasalahan ini harus segera dicarikan solusi agar kedepannya strategi dalam meningkatkan partisapasi politik masyarakat dapat berjalan sesuai yang direncanakan. Kata Kunci: Strategi, KPU, Pilkada Serentak, COVID-19.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Negara
Pengguna Deposit: 2203865885 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:29
Terakhir diubah: 24 Jun 2022 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63628

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir