Fauziah, Anisa (2022) Pengaruh Interaksi Teman Sebaya dan Lingkungan terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN.pdf Restricted to Hanya staf Download (1015Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf Download (950Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
abstrak Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika beberapa peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh yang positif dan signifikan interaksi teman sebaya dan lingkungan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Metro Pusat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex- postfacto korelasional. Populasi berjumlah 240 peserta didik dengan total sampel 70 peserta didik. Instrumen data pengumpul data berupa angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi ganda. Hasil analisis regresi ganda terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara interaksi teman sebaya dan lingkungan terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi diperoleh Ŷ = 19,84+0,33X1–0,49X2 serta nilai kontribusi regresi ganda sebesar 44%. Variabel yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar adalah lingkungan belajar. Dibuktikan dengan nilai thitung X1Y ≥ thitung X2Y, yaitu 2,040 ≥ 2,536. Kata kunci: hasil belajar matematika, interaksi teman sebaya, lingkungan belajar. ABSTRACT The problem in this research is the low mathematics learning outcomes of some students. This study aims to describe and analyze the positive and significant influence of peer and environmental interactions on mathematics learning outcomes for fifth grade students of SD Muhammadiyah Metro Pusat. This type of research is quantitative research with ex-postfacto correlational method. The population is 240 students with a total sample of 70 students. The data collection instrument is in the form of a questionnaire that has been tested for validity and reliability. Data analysis used multiple regression. The results of multiple regression analysis there is a positive and significant influence between peer and environmental interactions on learning outcomes with the regression equation obtained Ŷ = 19,84+0,33X1–0,49X2 and the multiple regression contribution value is 44%. The most influential variable on learning outcomes is the learning environment. It is proven by the value of tcount X1Y ≥ tcount X2Y, which is 2,040 ≥ 2,536. Keywords: mathematics learning outcomes, learning environment, peer interaction.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2203560763 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 01:43 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2022 01:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63629 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |