Evita, 1013041009 (2014) KONJUNGSI PADA TEKS ANEKDOT DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER LUAR.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR SINGKATAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (447Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (595Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan konjungsi pada teks anekdot dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi pada teks anekdot dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks anekdot. Teknik analisis data menggunakan model alir, yakni dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konjungsi dalam teks anekdot dapat diklasifikasikan menjadi empat penggunaan, yaitu konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, konjungsi korelatif, dan konjungsi antar-kalimat. Dari temuan penelitian ini, konjungsi digunakan dalam jenis kalimat Evita tunggal dan kalimat majemuk, serta terdapat satu penggunaan kalimat tidak lengkap. Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dapat berupa rancangan skenario pembelajaran, yaitu memproduksi anekdot dengan memperhatikan penggunaan konjungsi. Teks anekdot di dalam koran Tempo layak dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA karena sudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar ditinjau dari (1) aspek kebahasaan, (2) aspek psikologis, dan (3) aspek latar belakang kebudayaan.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | 6450097 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Jan 2015 06:42 |
Last Modified: | 16 Jan 2015 06:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |