KONJUNGSI PADA TEKS ANEKDOT DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARN BAHASA INDONESIA DI SMA

Evita, 1013041009 (2014) KONJUNGSI PADA TEKS ANEKDOT DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARN BAHASA INDONESIA DI SMA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (98Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR SINGKATAN.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (447Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (595Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41Kb) | Preview

Abstrak

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan konjungsi pada teks anekdot dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan konjungsi pada teks anekdot dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah teks anekdot. Teknik analisis data menggunakan model alir, yakni dimulai dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan konjungsi dalam teks anekdot dapat diklasifikasikan menjadi empat penggunaan, yaitu konjungsi koordinatif, konjungsi subordinatif, konjungsi korelatif, dan konjungsi antar-kalimat. Dari temuan penelitian ini, konjungsi digunakan dalam jenis kalimat Evita tunggal dan kalimat majemuk, serta terdapat satu penggunaan kalimat tidak lengkap. Implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dapat berupa rancangan skenario pembelajaran, yaitu memproduksi anekdot dengan memperhatikan penggunaan konjungsi. Teks anekdot di dalam koran Tempo layak dijadikan bahan ajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA karena sudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar ditinjau dari (1) aspek kebahasaan, (2) aspek psikologis, dan (3) aspek latar belakang kebudayaan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek:
> Karya Karya Umum = 000
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: 6450097 . Digilib
Date Deposited: 16 Jan 2015 06:42
Last Modified: 16 Jan 2015 06:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6371

Actions (login required)

View Item View Item