PENCITRAAN POLITIK KANDIDAT PADA PEMILIHAN BUPATI DI KABUPATEN WAY KANAN 2020

Adie Nurjana Resma, 1826021009 (2022) PENCITRAAN POLITIK KANDIDAT PADA PEMILIHAN BUPATI DI KABUPATEN WAY KANAN 2020. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3538Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3539Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses pasangan calon Juprius – Rina Marlina dan Adipati Surya – Ali Rahman dalam pemilihan kepala daerah tahun 2020 di Kabupaten Way Kanan khususnya dilihat dari pencitraan politik dan strategi politik dengan menggunakan teori Dan Nimo dengan melihat pencitraan politik Pure publicity, Free Ride Publicity, Tie-in Publicity, Paid Publicity. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif melalui wawancara terhadap narasumber yaitu tim sukses, tokoh agama dan ormas, akademisi, tokoh pemuda dan pelaku UMKM. Data sekunder terdiri dari buku dan dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan pasangan 01 Juprius – Rina Marlina berusaha membangun pencitraan melalui Free Ride Publicity, Paid Paid Publicity dan Pure Publicity. Hal ini di lakukan oleh pasangan calon 01 untuk menaikkan citranya di mata masyarakat untuk mendapatkan memperoleh kemenangan. Sementara pasangan calon 02 Raden Adipati Surya-Ali Rahman menggunakan Pure publicity, Free Ride Publicity, Tie-in Publicity, Paid Publicity. Yang kemudian memenagkan kembali Raden Adipati Surya untuk priode kedua. Strategi yang di lakukan, sama-sama memanfaatkan ormas, kelompok, kelompok masyarakat dan majelis taklim. Dalam pemamnfaatan ini yang lebih efektif untuk memobilisasinya adalah tim sukses pasangan calon 02. Dari kesimpulan penelitian ini pencitraan politik pasangan dan strategi 01 belum mampu mengalahan petaha yang dimna masih kuat pertahan citra dan mendapatkan simpati rakyat. Disisilain pasangan calon 02 mampu membuat dan membangun citranya melalui strategi yang dibuat. Melihat teori yang di gunakan peneiliti perbedaan kedua pasangan calon ini adalah dimana paslon 01 tidak semua digunakan. Sementara pasangan 02 mampu memanfaatkan sumberdaya yang ada dan yang dimiliki melalui jabatan dan kekuasaan. Kata kunci: Pencitraan Politik; Strategi Politik; Pemilihan Kepala Daerah. ABSTRACT This study aims to see the process of candidate Juprius – Rina Marlina and Adipati Surya – Ali Rahman in the 2020 regional head elections in Way Kanan Regency, especially in terms of political imagery and political strategy using Dan Nimo's theory by looking at pure publicity political imagery, Free Ride Publicity, Tie-in Publicity, Paid Publicity. The method used is a qualitative descriptive research method through interviews with speakers, namely successful teams, religious and community organization leaders, academics, youth leaders and MSME actors. Secondary data consists of books and related documentation. The results showed that the couple 01 Juprius – Rina Marlina tried to build imaging through Free Ride Publicity, Paid Paid Publicity and Pure Publicity. This was done by the pair of candidates 01 to raise their image in the eyes of the public to get a victory. While the candidate pair 02 Raden Adipati Surya-Ali Rahman used Pure publicity, Free Ride Publicity, Tie-in Publicity, Paid Publicity. Which then won back Raden Adipati Surya for the second priode. The strategies carried out, both utilize mass organizations, groups, community groups and assemblies.In this usefulness that is more effective for mobilizing it is the successful team of the pair of candidates 02. From the conclusions of this study, the political imagery of the couple and the strategy of 01 have not been able to succumb to the petaha which is still strong in maintaining the image and gaining the sympathy of the people. On the other hand, the pair of candidates 02 are able to create and build their image through the strategies made. Looking at the theory used by the examiner of the difference between the two pairs of candidates, it is that paslon 01 is not all used. While the 02 couple is able to take advantage of existing and owned resources through office and power. Keywords: Political Imagery; Political Strategy; Local Elections.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 2203626977 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:49
Terakhir diubah: 27 Jun 2022 01:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63811

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir