DEWI, PARAMITA CYNTIA (2022) PENGARUH METODE SIMULASI TANGGAP BENCANA MELALUI SOCIAL SKILL TERHADAP KESIAPSIAGAAN SISWA DI MTS NURUL ISLAM KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara metode simulasi tanggap bencana berbasis social skill terhadap kesiapsiagaan siswa di MTs Nurul Islam Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi serta diperkuat dengan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MTs Nurul Islam Kabupaten Lampung Selatan tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode simulasi tanggap bencana melalui social skill keterampilan komunikasi terhadap kesiapsiagaan siswa di MTs Nurul Islam ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,021 <0,05, 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode simulasi tanggap bencana melalui social skill keterampilan berkelompok terhadap kesiapsiagaan siswa di MTs Nurul Islam ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,003 <0,05. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode simulasi tanggap bencana terhadap social skill keterampilan berinteraksi terhadap kesiapsiagaan siswa di MTs Nurul Islam ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,005 <0,05. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode simulasi tanggap bencana terhadap social skill keterampilan memecahkan masalah terhadap kesiapsiagaan siswa di MTs Nurul Islam ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. 5) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara metode simulasi tanggap bencana, social skill (keterampilan komunikasi), social skill (keterampilan kelompok), social skill (keterampilan berinteraksi) dan social skill (keterampilan memecahkan masalah) terhadap kesiapsiagaan siswa di MTs Nurul Islam ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,019 <0,05. Kata Kunci : Metode Simulasi, Social Skill, Kesiapsiagaan The purpose of this study was to determine the effect of social skills-based on disaster response simulation methods on student preparedness at MTs Nurul Islam, South Lampung Regency. The method used in this research is the verification method with quantitative approach. The study used interview, observation techniques and strengthened by documentation to collect the data. This research was conducted at MTs Nurul Islam, South Lampung Regency, for the academic year 2021/2022. The results report that; 1) There is a positive and significant influence between method simulation responsive disaster on social skills on students' communication skills at MTs Nurul Islam, indicated by a significance value of 0, 021< 0.05. 2) There is a positive and significant effect between the tsunami response simulation method on the social skills of students' group skills at MTs Nurul Islam, indicated by a significance value of 0.003 <0.05. 3) There is a positive and significant effect between the tsunami response simulation method on the social skills of students' interaction skills at MTs Nurul Islam, indicated by a significance value of 0.005 <0.05. 4) There is a positive and significant effect between the tsunami response simulation method on the social skills of students' problem solving skills at MTs Nurul Islam, indicated by a significance value of 0.000 <0.05. 5) There is a positive and significant influence between the disaster response simulation method, social skills (communication skills), social skills (group skills), social skills (interaction skills) and social skills (problem solving skills) on student preparedness at MTs Nurul Islam indicated by a significance value of 0.019 <0.05. Keywords : Simulation Method, Social Skill, Preparedness
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 2203813880 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 05:43 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2022 05:43 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63818 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |