MERKURI, LINDAYANA EVI (2022) PEMANFAATAN MEDIA E-LEARNING PORTAL RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD PADA PEMBELAJARAN MASSA PANDEMI GUNA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUKOHARJO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (4Mb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (4Mb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pelaksanaan pembelajaran daring yang terlampau lama memiliki dampak terhadap motivasi belajar siswa. Waktu yang terlalu lama membuat siswa menjadi bosan, karena hampir setiap hari harus duduk di depan perangkat seperti smartphone, laptop, dan sebagainya untuk mengaskses pembelajaran daring. Dalam hal ini guru dituntut mampu menggunakan teknologi agar dapat melanjutkan keberlangsungan pengajaran. Media pembelajaran online berupa “Media E-Learning Portal Rumah Belajar Kemdikbud” menjadi salah satu solusi di tengah pandemi Covid-19 guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan manfaat E-Learning dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologi dan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam observasi dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan keinginan belajar dari siswa dalam pelajaran IPS dengan memanfaatkan lima fitur dalam Portal Rumah Belajar seperti: Sumber belajar, Buku Sekolah Elektronik (BSE), Bank Soal, Peta Budaya dan Kelas Maya (googlemeet dan zoom meeting) sebagai salah satu sumber belajar tidak mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal tersebut akibat adanya kendala dari beberapa faktor lain seperti ketidaksiapan siswa dalam proses pembelajaran jarak jauh, kondisi lingkungan belajar yang kurang kondusif, keadaan orang tua siswa, kurangnya dukungan fasilitas yang diberikan oleh orang tua dan keadaan psikologis siswa yang meliputi: bakat, intelegensi, sikap, persepsi dan minat juga menjadi factor keberhasilan siswa dalam belajar. Kata kunci: Pembelajaran Daring, Portal Rumah Belajar, Motivasi Belajar The implementation of online learning that is too long has an impact on students' learning motivation. Too long a time makes students bored, because almost every day they have to sit in front of devices such as smartphones, laptops, and so on to access online learning. In this case the teacher is required to be able to use technology in order to continue the continuity of teaching. Online learning media in the form of "E-Learning Media Portal for Home Learning Kemdikbud" is one solution in the midst of the Covid- 19 pandemic to increase student learning motivation. This study aims to describe the benefits of E-Learning in increasing student motivation. This study uses a qualitative phenomenological approach and uses an interactive model of Miles and Huberman. Data were collected through in-depth interviews, observations and questionnaires. The results of the study indicate the desire to learn from students in social studies lessons by utilizing five features in the Learning House Portal such as: Learning resources, Electronic School Books (BSE), Question Banks, Cultural Maps and Virtual Classes (googlemeet and zoom meetings) as one of the non-existent learning resources. affect students' learning motivation. This is due to the constraints of several other factors such as the unpreparedness of students in the distance learning process, the conditions of the learning environment that are not conducive, the condition of the parents of students, the lack of support for facilities provided by parents and the psychological state of students which include: talent, intelligence, attitude , perceptions and interests are also a factor in student success in learning. Keywords: Online Learning, Learning Home Portal, Learning Motivation
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 2203511807 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 05:38 |
Terakhir diubah: | 24 Jun 2022 05:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63826 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |