Abbas, Navil Alfarisi (2022) PENGARUH PEMANFAATAN BAHAN AJAR BERBASIS FLIPBOOK DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII DI SMP N 13 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3284Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Kemajuan suatu bangsa dapat dinilai dari kualitas sumber daya manusianya, dalam rangka untuk menciptakan dan meningkatkan suatu bangsa yang berkualitas, diperlukan kemajuan pendidikan seperti pemanfaatan bahan ajar pembelajaran yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini. Salah satu bahan ajar pembelajaran yang berhasil memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa seperti penggunaan bahan ajar berbasis flipbook. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan bahan ajar pembelajaran flipbook dengan memperhatikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMPN13 Bandarlampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi, dan diperkuat dengan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 13 Bandarlampung tahun ajaran 2021/2022 dengan sampel sebanyak 64 siswa di kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh pemanfaatan bahan ajar berbasis flipbook terhadap motivasi belajar siswa di kelas VII SMPN13 Bandarlampung dengan t hitung sebesar 91.22 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. 2) ada pengaruh pemanfaatan bahan ajar berbasis flipbook terhadap hasil belajar IPS di SMP N 13 Bandarlampung dengan nilai t hitung sebesar 16,31 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,5. 3) ada pengaruh pemanfaatan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS di SMP N 13 Bandarlampung dengan nilai t hitung sebesar 19,368 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. 4) ada pengaruh pemanfaatan bahan ajar berbasis flipbook dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS di SMP N 13 Bandarlampung dengan nilai F hitung sebesar 29,967 > F tabel sebesar 2,77 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Kata kunci: Bahan Ajar, Flipbook,Motivasi Belajar,Hasil Belajar The progress of a nation can be judged by the quality of its human resources, in order to create and improve a quality nation, educational progress is needed such as the use of learning which is expected to be able to improve the education system that has been going on so far. One of the successful learning has a positive influence on student learning outcomes such as the use of flipbook . The purpose of this study was to determine the effect of using flipbook learning by paying attention to learning motivation on student learning outcomes in class VII SMPN 13 Bandar Lampung. The method used in this study is a correlational method with a quantitative approach. This study uses a questionnaire technique and is strengthened by interview data, observation, and documentation. This research was conducted at SMPN 13 Bandar Lampung for the academic year 2021/2022 with a sample of 64 students in class VII. The results showed: (1) there was an effect of using flipbook bahan ajar on students' learning motivation in class VII SMPN 13 Bandar Lampung with t-count of 91.22 with a significance value of 0.000 <0.05. (2) there is an effect of using flipbook bahan ajar on social studies learning outcomes at SMPN 13 Bandar Lampung with a tcount value of 16.31 with a significance value of 0.000 <0.5. (3) there is an effect of the use of learning motivation on social studies learning outcomes at SMPN 13 Bandar Lampung with a tcount value of 19.368 with a significance value of 0.000 <0.05. (4) there is an effect of using flipbook bahan ajar and learning motivation on social studies learning outcomes at SMPN 13 Bandar Lampung with a calculated Fvalue of 29,967 > Ftable of 2.77 with a significance level of 0.000 <0.05. Keywords: teaching materials, Flipbook, Learning Motivation, Learning Outcomes
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 2203458156 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 06:54 |
Terakhir diubah: | 27 Jun 2022 06:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63846 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |