PENGEMBANGAN MATERI AJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKL SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG

RAMADHANI, PUTRI AYU EKA (2022) PENGEMBANGAN MATERI AJAR KOMPUTER AKUNTANSI DENGAN MENGGUNAKAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKL SMK NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3376Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini mengembangkan materi ajar komputer akuntansi menggunakan LMS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI AKL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan yaitu: (1) Analysis; (2) Design; (3) Development; (4) Implementation; (5) Evaluation. Subjek uji coba terdiri dari uji coba ahli yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan uji coba kelompok kecil melibatkan 8 peserta didik. dan uji coba lapangan di lakukan di kelas XI AKL 3 sebagai kelas yang diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Untuk mengetahui efektifitas produk, dilakukan dengan cara membandingkan hasil belajar siswa kelas XI AKL 3 sebagai kelas eksperimen dengan kelas XI AKL 1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian mendapatkan 1) materi ajar komputer akuntansi dikembangkan dengan menggunakan langkah model ADDIE. 2) materi ajar komputer akuntansi mampu meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan produk pengembangan dengan perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum meggunakan produk 56,39% dan rata-rata yang didapatkan berdasarkan setelah menggunakan materi ajar sebesar 76,39%. 3) Kegiatan pembelajaran kelas XI AKL 3 yang menggunakan materi ajar komputer akuntansi menggunakan LMS lebih efektif dibandingkan kelas XI AKL 1 yang tidak menggunakan materi ajar menggunakan LMS dengan nilai rata-rata yang diperoleh oleh kelas eksperimen yaitu 65,27, nilai rata-rata ini lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan materi ajar komputer akuntansi menggunakan LMS dalam pembelajaran. Yaitu rata-rata yang dicapai oleh kelas kontrol adalah 51,55. Kata Kunci : Materi Ajar, Komputer Akuntansi, LMS, Hasil Belajar This study develops computer accounting teaching materials using LMS to improve student learning outcomes in class XI AKL. This type of research is development research. The development design uses the ADDIE model with the following stages: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, and (5) Evaluation. The test subjects consisted of expert trials consisting of material experts, and media experts, small group trials involving 8 students, and field trials carried out in class XI AKL 3, the class that was given the treatment. Data collection techniques using questionnaires and observations. Data analysis using qualitative and quantitative analysis. Determine the effectiveness of the product, it is done by comparing the learning outcomes of students in class XI AKL 3 as the experimental class with class XI AKL 1 as the control class. The results of the study found that (1) accounting computer teaching materials were developed using the ADDIE model step, (2) accounting computer teaching materials were able to improve student learning outcomes after using development products with a difference in learning outcomes after using the product development with the average difference in learning outcomes before using the product 56.39% and the average obtained based on after using teaching materials is 76.39%, (3) Class XI AKL 3 learning activities that use accounting computer teaching materials using LMS are more effective than class XI AKL 1 which does not use LMS teaching materials with the average value obtained by the experimental class is 65.27, this average value is higher than the control class which does not use accounting computer teaching materials using LMS in learning. The average achieved by the control class is 51.55. Keywords: teaching materials, computer accounting, LMS, learning outcomes

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 2203706124 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:56
Terakhir diubah: 27 Jun 2022 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63856

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir