PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA PADA SISWA KELAS XII SMA N 1 SEPUTIH BANYAK

Yuliyanto, Riyan (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK MAKER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SIKLUS AKUNTANSI PERUSAHAAN JASA PADA SISWA KELAS XII SMA N 1 SEPUTIH BANYAK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (285Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1961Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1498Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pengembangan e-modul pembelajaran berbasis flipbook maker untuk meningkatkan hasil belajar dilatarbelakangi oleh belum bervariasinya bahan ajar yang digunakan dan peserta didik cenderung kesulitan memahami materi pembelajaran, terkhusus materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah bahan ajar yang menarik berupa e-modul pembelajaran agar peserta didik merasa senang dan memahami materi pada saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul pembelajaran berbasis flipbook maker pada materi Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa yang valid dan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII IPS SMA N 1 Seputih Banyak. Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah dosen ahli untuk tahap validasi ahli, praktisi dan siswa kelas XII SMA N 1 Seputih Banyak yang mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan desain ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa berbasis flipbook maker setelah dilakukan validasi ahli dan praktisi menunjukkan penilaian dengan persentase skor total sebesar 76%. penilaian peserta didik pada tahap uji satu-satu menunjukkan persentase skor total sebesar 91%. Dengan demikian dapat dikatakan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. E-modul pembelajaran ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Keefektifan e-modul diuji t-test dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,003 < α (0,05) yang menunjukkan penggunaan e-modul pembelajaran Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: E-modul, flipbook maker, hasil belajar siklus akuntansi perusahaan jasa. ABSTRACT The development of flipbook maker-based learning e-modules to improve learning outcomes is motivated by the lack of varied teaching materials used and students tend to have difficulty understanding the learning materials, especially the material of the Service Company Accounting Cycle. Therefore, an interesting teaching material is needed in the form of a learning e-module so that students feel happy and understand the material during learning. This study aims to develop a flipbook maker-based learning e-module on the material of the Service Company Accounting Cycle that is valid and suitable for use to improve the learning outcomes of class XII social studies students of SMA N 1 Seputih Banyak. The test subjects in this development research are expert lecturers for the validation stage of experts, practitioners and students of class XII SMA N 1 Seputih Banyak who majored in Social Sciences. Data analysis in this study used descriptive statistical analysis and inferential statistics. This research uses research and development methods with ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The results showed that the flipbook maker-based Service Company Accounting Cycle learning e-module after expert and practitioner validation showed an assessment with a total score percentage of 76%. The assessment of learners at the one-on-one test stage showed a total score percentage of 91%. Thus it can be said to be very worthy of use in the learning process. This learning emodule is effective for improving student learning outcomes. The effectiveness of the e-module tested t-test with a significance level of 0.05 obtained a significance value of 0.003 < α (0.05) which shows that the use of the e-module learning the Service Company Accounting Cycle is effective to improve student learning outcomes. Keywords: E-module, flipbook maker, learning outcomes cycle accounting service company.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 2203891526 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:50
Terakhir diubah: 27 Jun 2022 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63863

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir