PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN MUFRODAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ( مهارة الكلام ) BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 1 PRINGSEWU

AHMAT SULTONI, 2023013002 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS ADOBE FLASH PADA PEMBELAJARAN MUFRODAT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ( مهارة الكلام ) BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 1 PRINGSEWU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2132Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2133Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan, menguji efektifitas, efisiensi dan kemenarikan media pembelajaran berbasis adobe flash pada materi mufrodatun. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D) model Borg & Gall. Langkah penelitian dan pengembangan yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi; (2) Perencanaan; (3) Mengembangkan bentuk produk awal; (4) Uji coba lapangan awal; (5) Revisi produk utama; (6) Pengujian lapangan utama; (7) Revisi produk operasional. Subjek penelitian adalah kelas VII di MTs Negeri 1 Pringsewu TP 2021/2022 dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttes Design, teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi analisis instrument evaluasi, analisis validasi ahli, analisis hasil belajar, analisis efisiensi dan kemenarikan. Hasil penelitian diperoleh meliputi: (1) Hasil dari analisis potensi dan masalah di MTsN 1 Pringsewu khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab materi mufrodat sangat mendukung untuk dikembangkannya media pembelajaran berbasis adobe flash untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa dimana semua siswa sudah mampu membaca teks arab, sarana buku pelajaran khususnya mata pelajaran Bahasa Arab sudah terpenuhi, 98% siswa memiliki dan terbiasa menggunakan android; (2) Proses Pengembangan dan kelayakan produk yang dikembangkan oleh peneliti menggunakan model pengembangan Borg and Gall dari tahap 1 sampai tahap ke-7 dan diperoleh hasil layak dan valid; (3) Tingkat efektifitas kemampuan berbicara ( مهارة الكلام ) bahasa arab 76%; (4) Tingkat efisiensi waktu 1,17 demikian juga efisien dari segi biaya; (5) Produk media pembelajaran Bahasa Arab materi mufrodat berbasis adobe flash kategori menarik. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Mufrodat, Kemampuan Berbicara ABSTRACT The purpose of this study was to develop, test the effectiveness, efficiency and attractiveness of adobe flash-based learning media on mufrodatun material. The type of research used is the development (R&D) of the Borg & Gall model. The research and development steps are: (1) Research and information gathering; (2) Planning; (3) Developing the initial product form; (4) Initial field trials; (5) Major product revisions; (6) Main field testing; (7) Revision of operational products. The research subject is class VII at MTs Negeri 1 Pringsewu TP 2021/2022 with the research design used is Pretest-Posttes Control Group Design, observation data collection techniques, interviews, questionnaires, tests and documentation. Data analysis techniques include analysis of evaluation instruments, expert validation analysis, analysis of learning outcomes, efficiency and attractiveness analysis. The research results obtained include: (1) The results of the analysis of potential and problems at MTsN 1 Pringsewu, especially in Arabic subjects, mufrodat material is very supportive for the development of adobe flash-based learning media to improve students' speaking skills where all students are able to read Arabic text, facilities textbooks, especially Arabic subjects, have been met, 98% of students have and are accustomed to using android; (2) The process of development and feasibility of the product developed by the researcher using the Borg and Gall development model from stage 1 to stage 7 and obtained feasible and valid results; (3) The level of effectiveness of speaking Arabic ( ارة الكلام ) 76%; (4) The level of time efficiency of the experimental class is 1,17 is also more cost efficient; (5) Arabic language learning media products based on Adobe Flash are interesting categories. Keywords: Learning Media, Mufrodat, Speaking Ability

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203920384 . Digilib
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:24
Terakhir diubah: 24 Jun 2022 08:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63869

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir