STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS “BERBURU MOBIL IMPIAN” DENGAN PEMANFAATAN MEDIA BARU

YOSEP YOGO WIDHIYATMOKO, 1926031004 (2022) STRATEGI KOMUNIKASI BISNIS “BERBURU MOBIL IMPIAN” DENGAN PEMANFAATAN MEDIA BARU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL.pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (7Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (6Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memberikan perubahan fundamenal bagi kehidupan manusia. Pada ekosistem bisnis, cara berbisnis yang semula dilakukan secara konvensional berubah menjadi pola digital dalam satu skema e-business. Berburu Mobil Impian (BMI) adalah entitas yang berhasil menjalankan model e-business. Uniknya BMI tidak menggunakan aplikasi khusus, melainkan platform media sosial, seperti Youtube, Whatsapp, Instagram, aplikasi mobile android dan portal website. Penelitian bertujuan menguraikan bentuk strategi komunikasi bisnis yang terjadi pada Berburu Mobil Impian dari sisi computer mediated communication dan analisa proses interaksi di dalam tim BMI. Penelitian ini dilakukan di kantor BMI Semarang, pada bulan Juni – Oktober 2021 menggunakan analisis kualitatif dengan metode studi kasus eksplanatoris. Peneliti menggunakan studi kasus tunggal dengan desain terjalin. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan, maupun dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media baru mampu berperan sebagai penggerak e-business. Sebagai sebuah entitas bisnis, Berburu Mobil Impian (BMI) mampu mengimplementasikan pola computer mediated communication dengan menjalankan e-business online to offline (O2O) menggunakan media baru sebagai sarana komunikasi bisnis yang efektif. Proses komunikasi eksternal terjadi pada proses promosi melalui media baru Youtube, di sisi lain, sebagai sebuah proses komunikasi internal, interaksi tim BMI meliputi dua kelas umum perilaku komunikasi, pertama adalah perilaku sosial emosional (socioemotional behaviors) dalam menghadapi kendala kerja beserta cara mengatasinya dan kedua adalah perilaku tugas (task behaviors) tim dalam menindaklanjuti pekerjaan inspeksi sesuai pesanan. Kata Kunci : analisa proses interaksi, computer-mediated communication, media baru abstract The development of Information and Communication Technology (ICT) provides fundamental changes to human life. In the business ecosystem, the way of doing business that was originally done conventionally has turned into a digital pattern in an e-business scheme. Berburu Mobil Impian (BMI) is an entity that has successfully implemented an e-business model. Uniquely, BMI does not use special applications, but rather social media platforms, such as Youtube, Whatsapp, Instagram, android mobile applications and website portals. This study aims to describe the business communication strategy that occurs in Berburu Mobil Impian from the side of computer mediated communication and analysis of the interaction process within the BMI team. This research was conducted at the BMI Semarang office, in June – October 2021 using qualitative analysis with the explanatory case study method. The researcher used a single case study with an intertwined design. Data collection techniques through interviews, field observations, and documentation. The results show that new media are able to act as e-business drivers. As a business entity, Berburu Mobil Impian (BMI) is able to implement a computer mediated communication pattern by running e-business online to offline (O2O) using new media as an effective means of business communication. The external communication process occurs in the promotion process through the new media Youtube, on the other hand, as an internal communication process, the BMI team interaction includes two general classes of communication behavior, the first is socioemotional behaviors in dealing with work constraints and how to overcome them and secondly are the team's task behaviors in following up on ordered inspection work. Key words: computer-mediated communication, interaction process analysis, new media

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
300 Ilmu sosial > 320 Ilmu politik (politik dan pemerintahan)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Magister Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203839824 . Digilib
Date Deposited: 27 Jun 2022 07:07
Terakhir diubah: 27 Jun 2022 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63883

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir