POTENSI EKSTRAK ISOLAT JAMUR ENDOSIMBION DAUN Avicennia sp. DI PERAIRAN LAMPUNG SEBAGAI ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI Salmonella thypi (Theobald Smith, 1885)

AFRISYAHNIA PUTRI, 1714221003 (2022) POTENSI EKSTRAK ISOLAT JAMUR ENDOSIMBION DAUN Avicennia sp. DI PERAIRAN LAMPUNG SEBAGAI ANTIBAKTERI TERHADAP BAKTERI Salmonella thypi (Theobald Smith, 1885). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1418Kb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1084Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Demam tifoid merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Salmo-nella thypi dan masih menjadi masalah kesehatan di negara berkembang. Pada penelitian sebelumnya menyebutkan bahwa bakteri Salmonella typhi resisten ter-hadap beberapa antibiotik. Bermacam cara telah dilakukan untuk mendapatkan senyawa antibitok baru, salah satunya dengan memanfaatkan jamur endosimbion yang bersimbiosis pada jaringan daun mangrove Avicennia sp. Penelitian ini ber-tujuan untuk mendapatkan isolat jamur endosimbion dari daun Avicennia sp. dan memperoleh ekstrak isolat jamur endosimbion daun mangrove Avicennia sp. yang memiliki aktivitas penghambat terhadap Salmonella thypi. Sampel jamur endo-simbion yang digunakan berasal dari daun Avicennia alba dan diekstraksi meng-gunakan metode maserasi dengan pelarut etil asetat. Metode kertas cakram Kirby Bauer digunakan untuk uji aktivitas daya hambat. Hasil penelitian diperoleh 12 isolat jamur endosimbion, di antaranya terdapat lima jamur endosimbion potensial yang memiliki kemampuan daya hambat terhadap bakteri Salmonella thypi, yaitu isolat WB-D02M, WB-D05P, WB-D06P, PJ-D01L, dan PJ-D02P. Kata kunci: Avicennia sp., ekstrak, jamur endosimbion, Salmonella thypi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi S1-Ilmu Kelautan
Pengguna Deposit: 2203785549 . Digilib
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:59
Terakhir diubah: 28 Jun 2022 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63957

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir