MURTIARINA , NI MADE PRASTITI (2022) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA BERBASIS SITUS PURBAKALA PUGUNGRAHARJO UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH LOKAL PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 METRO TAHUN 2022. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (3177Kb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3064Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil direct teaching (pembelajaran langsung) dan pengamatan pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas X IPS SMA Negeri 4 Metro pemahaman sejarah lokal peserta didik masih kurang dan guru telah menyampaikan peristiwa sejarah lokal selama proses pembelajaran, akan tetapi belum dikemas dalam sebuah bahan ajar yang menarik dan sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Ensiklopedia Situs Purbakala Pugungraharjo untuk meningkatkan pemahaman sejarah lokal peserta didik kelas X IPS. Jenis penelitian yang digunakan penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall yang dimodifikasi menurut Sukmadinata (2013: 184). Langkah tersebut meliputi 3 tahap, yaitu: (1) Penelitian dan pengumpulan informasi; (2) Perencanaan pembuatan bahan ajar sejarah lokal; (3) Pengembangan bahan ajar sejarah lokal. Subjek uji coba terdiri dari ahli materi ajar, ahli media pembelajaran, dan uji coba kelompok besar melibatkan 30 peserta didik. dan uji coba lapangan dilakukan di kelas X IPS 1 sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan bahan ajar Ensiklopedia Situs Purbakala Pugungraharjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Upaya mengetahui efektifitas produk, dilakukan dengan cara membandingkan pemahaman sejarah lokal peserta didik kelas X IPS sebelum dan setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian mendapatkan 1) bahan ajar Ensiklopedia Situs Purbakala Pugungraharjo dikembangkan dengan menggunakan model Borg dan Gal yang dimodifikasi. 2) bahan ajar Ensiklopedia Situs Purbakala Pugungraharjo mampu meningkatkan pemahaman sejarah lokal, setelah menggunakan produk pengembangan dengan perbedaan hasil belajar sebesar 0,50 dengan kriteria sedang yang berarti bahwa produk pengembangan efektif dalam meningkatkan pemahaman sejarah lokal peserta didik. 3) Kegiatan pembelajaran kelas X IPS 1 yang menggunakan bahan ajar Ensiklopedia Situs Purbakala Pugungraharjo lebih efektif dibandingkan kelas X IPS 2 yang tidak menggunakan bahan ajar Ensiklopedia Situs Purbakala Pugungraharjo. Kata Kunci : Bahan Ajar, Ensiklopedia, Sejarah Lokal, Situs Purbakala Pugungraharjo, Pemahaman Sejarah Lokal Based on the results of direct teaching (direct learning) and observations of the implementation of history learning in class X IPS SMA Negeri 4 Metro, students' understanding of local history is still lacking and the teacher has conveyed local historical events during the learning process, but it has not been packaged in an interesting and interesting teaching material. systematic. This study aims to develop teaching materials for the Pugungraharjo Archaeological Site Encyclopedia to strengthen the understanding of local history for students of class X social studies. The type of research used is development research according to Borg and Gall which is modified according to Sukmadinata (2013: 184). This step includes 3 stages, namely: (1) Research and information gathering; (2) Planning for making local history teaching materials; (3) Development of local history teaching materials. The trial subjects consisted of teaching material experts, learning media experts, and large group trials involving 30 students. and field trials were conducted in class X IPS 1 as the class that was treated using the Pugungraharjo Archaeological Site Encyclopedia teaching materials. Data collection techniques using questionnaires, observations, and interviews. Efforts to determine the effectiveness of the product are carried out by comparing the understanding of the local history of students in class X social studies before and after using the developed teaching materials. The results showed that 1) Pugungraharjo Archaeological Site Encyclopedia teaching materials were developed using a modified Borg and Gal model. 2) Pugungraharjo Archaeological Site Encyclopedia teaching materials are able to strengthen the understanding of local history, after using development products with a difference in learning outcomes of 0.50 with moderate criteria, which means that the development product is effective in strengthening students' understanding of local history. 3) The learning activities of class X IPS 1 that use the Pugungraharjo Archaeological Site Encyclopedia teaching materials are more effective than those of class X IPS 2 which do not use the Pugungraharjo Archaeological Site Encyclopedia teaching materials. Keywords : Encyclopedias, Local History, Pugungraharjo Archaeological Sites, Understanding Local History
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | 2203430334 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 04:46 |
Terakhir diubah: | 28 Jun 2022 04:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63982 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |